PENYUSUNAN MODUL BELAJAR SEBAGAI STRATEGI PENDAMPINGAN BELAJAR SISWA SD SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA MANONG, MANGGARAI BARAT, NTT

Authors

  • Ni Made Verayanti Utami Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Nyoman Deni Ariyaningsih Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Gede Irwandika Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Yustina Gembira Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

modul belajar, strategi belajar, aplikasi daring, evaluasi

Abstract

Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk mengembangkan strategi belajar bahasa Inggris siswa SD di Desa Manong, Manggarai Barat, NTT selama masa pandemi. Permasalahan yang dihadapi oleh siswa dan guru ketika masa observasi ialah siswa yang mengeluh karena sulitnya memahami pelajaran dengan metode pembelajaran daring, khususnya mata pelajaran bahasa Inggris. Proses pembelajaran ini biasanya membutuhkan komunikasi tatap muka satu sama lain di antara guru dan siswa. Tetapi selama masa pandemi, kegiatan tatap muka tidak dapat dilakukan, maka guru hanya memberikan bahan ajar kepada siswa untuk dipelajari. Akan tetapi, bahan ajar yang diberikan oleh guru belum efektif dalam membantu siswa mencapai tujuan yang diharapkan selama proses pembelajaran. Selain itu siswa belum siap untuk mengikuti proses belajar secara daring sehingga mereka belum maksimal dalam mengikuti pelajaran, Adapun program yang telah dilaksanakan pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah pembuatan modul belajar mata pelajaran bahasa Inggris yang menarik dan mudah dipahami untuk siswa. Kemudian mendampingi siswa belajar menggunakan aplikasi pembelajaran daring dan melakukan evaluasi terhadap pembelajaran siswa. Hasil akhir terlihat adanya perkembangan siswa setelah mendapatkan pendampingan belajar melalui modul belajar dan penggunaan aplikasi daring yang dievaluasi secara langsung melalui wawancara.

Downloads

Published

2022-01-12

Issue

Section

Articles