Pengembangan Perpustakaan Lumbung Literasi Desa Karang Sidemen melalui Program TPBIS

Authors

  • Randa Anggarista Universitas Qamarul Huda Badaruddin Bagu
  • Farida Jaeka Universitas Mataram

Keywords:

literasi, perpustakaan, TPBIS

Abstract

Pengabdian ini didasarkan pada asumsi bahwa perpustakaan Lumbung Literasi belum berfungsi secara optimal sebagai pusat pendidikan bagi masyarakat di Desa Karang Sidemen, Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah. Oleh karena itu, tim pengabdian menyusun beberapa program yang relevan dengan konsep Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, yang bertujuan mengubah perpustakaan menjadi pusat kebudayaan masyarakat. Kegiatan pengabdian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan tahapan meliputi persiapan berupa observasi dan penentuan lokasi pengabdian, pengembangan program perpustakaan, analisis hasil, dan simpulan. Berdasarkan kegiatan pengabdian yang telah dilaksanakan, beberapa program yang dikembangkan meliputi: (1) peningkatan layanan informasi dengan menyediakan bahan bacaan, berupa cerita bergambar; (2) pelibatan masyarakat melalui beberapa kegiatan, seperti literasi dasar dengan metode membaca nyaring; Klaster (Kelas Komputer) yang memberikan orientasi kepada pelajar tentang penggunaan perangkat teknologi komputer; Kelas Sanggar (Bahasa Inggris Dasar) yang memperkenalkan bahasa asing kepada pelajar; serta Kelas Srakal (Kelas Sastra Lokal) yang memperkenalkan budaya daerah, khususnya bahasa Sasak purwatin; (3) advokasi dengan meminta bantuan kepada pengurus Karang Taruna Desa Karang Sidemen, untuk pengadaan komputer. Beberapa langkah pengembangan ini memberikan dampak positif, terutama dengan meningkatnya animo pelajar dalam memanfaatkan Perpustakaan Lumbung Literasi Desa Karang Sidemen sebagai sumber pembelajaran.

Downloads

Published

2024-12-23

Issue

Section

Articles