Efektivitas Reward sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini di Cheeky Monkeys Learning Centre

Authors

  • Ni Putu Cahyani Putri Utami Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Putu Nadea Ayu Sarashita S. Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

anak usia dini, efektivitas, motivasi belajar, pendidikan anak, reward

Abstract

Penerapan metode dan teknik pengajaran di dunia pendidikan yang selaras dengan perkembangan zaman menjadi aspek fundamental dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran. Studi ini menitikberatkan pada implementasi pemberian reward untuk meningkatkan pengalaman belajar anak usia dini dari umur 3 sampai 4 tahun di Cheeky Monkeys Learning Centre. Dalam beberapa studi, pemberian reward diketahui dapat
meningkatkan motivasi siswa untuk belajar, terutama pada anak usia dini. Metode ini memungkinkan anak untuk memahami hubungan antara perilaku dan hasil yang dicapai, sehingga dapat memperkuat karakter positif mereka. Hasil studi menunjukkan bahwa pemberian reward terlihat secara signifikan berdampak positif pada peningkatan motivasi, keterlibatan, serta disiplin anak. Pemberian reward membuktikan keefektifannya sebagai metode pendukung pendidikan anak usia dini. Sistem ini bukan hanya berhasil meningkatkan kualitas interaksi belajar, tetapi juga memberikan wawasan berharga bagi para pendidik dalam mengembangkan praktik pengajaran yang lebih responsif terhadap kebutuhan anak-anak. Temuan ini menegaskan bahwa pemberian reward dapat menjadi metode yang efektif dalam menciptakan lingkungan belajar yang
positif dan mendukung pertumbuhan holistik anak, sehingga berpotensi menjadi model praktik yang dapat diadopsi dalam pendidikan anak usia dini di berbagai konteks

Downloads

Published

2024-12-23

Issue

Section

Articles