PKM: Pelatihan Mendesain Meme sebagai Media Alternatif Menggunakan Aplikasi pada SMPIT Thariq Bin Ziyad, Borading School, Cikarang, Bekasi

Authors

  • Nico Harared Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Indraprasta PGRI
  • Syahyuri Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Indraprasta PGRI
  • Riyanto Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Indraprasta PGRI

Keywords:

meme, desain, literasi, media alternatif

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini untuk memberikan sosialisasi pemanfaatan aplikasi digital yang memudahkan para guru society 5.0 dalam proses konversi dari konvensional ke digital literasi; dan memberikan pengalaman baru tentang cara mendesain materi digital literasi kepada para guru yang dimana pada akhirnya mendapatkan kemudahan dalam membumikan literasi. Kegiatan ini menggunakan aplikasi Meme. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini yakni berbentuk pengenalan, pelatihan/praktik, pendampingan dan evaluasi. Dari hasil kegiatan dapat ditarik kesimpulan bahwa, para guru sudah mahir menggunakan meme sebagai alat ekspresi dan masih perlunya lokakarya secara intensif tentang penggunaan aplikasi Imgflip berdasarkan tema dan kategori karya sebagai aplikasi literasi alternatif yang efektif dan efisien bagi guru. Pengenalan aplikasi ini diharapkan mampu mendorong daya literasi para guru dan siswa. Ke depan pelatihan seperti ini tidak hanya diperkenalkan kepada guru di SMPIT TBZ saja, tetapi juga bisa diperkenalkan kepada guru lintas sekolah lainnya. Namun, hal ini membutuhkan kerjasama dari segenap pihak untuk mewujudkan kegiatan ini.Oleh karena itu, kerjasama dengan pihak terkait merupakan bagian dari rencana tahapan berikutnya bagi tim pelaksana dalam rangka memperkenalkan aplikasi ini di setiap sekolah yang membutuhkan.

Downloads

Published

2024-12-23

Issue

Section

Articles