Pemberdayaan UMKM melalui Digital Marketing dan Penguatan Branding Produk pada UMKM Kopi di Desa Jehem

Authors

  • I Wayan Juniartha Fakultas Bahasa Asing, Universitas Mahasaraswati
  • Komang Dian Puspita Candra Fakultas Bahasa Asing, Universitas Mahasaraswati
  • Anak Agung Indah Purnamasari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Aldi Saputra Fakultas Farmasi Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Jehem, UMKM, Digital Marketing, Branding

Abstract

Tujuan dilaksanakannya program ini yaitu untuk membantu meningkatkan sarana promosi dari konvensional menuju arah digital, memperluas pangsa pasar, membantu meningkatkan pendapatan penjualan, untuk meningkatkan daya tarik konsumen, meningkatkan profesionalitas usaha, memudahkan mitra kerja mendapatkan loyalitas pelanggan terhadap produk, dan mitra kerja mampu mempertahankan branding produk yang telah dibangun. Kegiatan ini dilaksanakan dalam 5 tahapan, yaitu survey awal, tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap monitoring dan diskusi, serta tahap akhir. Berdasarkan hasil penyelenggaraan program pengabdian kepada masyarakat, tujuan yang ditetapkan oleh pelaksana kegiatan telah tercapai. Indikator ketercapaian program ini
didasari dengan hasil wawancara dengan pemilik UMKM Kopi. Beliau menuturkan, bahwa program ini sangat berpengaruh terhadap usahanya.

Downloads

Published

2024-12-23

Issue

Section

Articles