Pengajaran Bahasa Jepang kepada Delivery Staff Delibali

Authors

  • I Wayan Wahyu Cipta Widiastika Fakultas Bahasa Asing, Universitas Mahasaraswati
  • Ni Wayan Meidariani Fakultas Bahasa Asing, Universitas Mahasaraswati
  • Adinda Amelia Dwi Putri Fakultas Bahasa Asing, Universitas Mahasaraswati

Keywords:

Delivery, Pengajaran, Jepang

Abstract

Delibali adalah sebuah usaha yang menjual berbagai macam makanan Jepang berupa frozen food. Delibali sudah berdiri sekitar 4 tahun dengan sebagian besar pelanggan delibali merupakan orang Jepang yang tinggal di Bali. Walaupun sudah lama tinggal di
Bali ada juga pelanggan yang tidak bisa berbahasa Inggris maupun berbahasa Indonesia. Hal ini sedikit menyulitkan para delivery staff delibali, karena delivery staff delibali tidak bisa berbahasa Jepang. Dengan adanya keterbatasan bahasa yang dimiliki oleh delivery staff, terkadang mereka tidak dapat berkomunikasi lebih lanjut. Tujuan dari dilaksanakannya kegiatan ini adalah mengajarkan Bahasa Jepang sederhana yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan pelanggan orang Jepang agar para pelanggan dan delivery staff dapat berkomunikasi dengan nyaman tanpa adanya banyak kendala. Hasil yang didapat setelah terlaksananya kegiatan ini adalah para delivery staff sudah dapat menggunakan Bahasa Jepang sederhana yang sudah diajarkan untuk berkomunikasi dengan para pelanggan. Selain itu para delivery staff juga sudah mulai bisa menulis hiragana sedikit demi sedikit.

Downloads

Published

2024-12-23

Issue

Section

Articles