Optimalisasi Kualitas Layanan di Toko Ritel Republic of Soap

Authors

  • I Gusti Bagus Wahyu Nugraha Putra Fakultas Bahasa Asing, Universitas Mahasaraswati
  • Ni Putu Adina Sri Rahdiyanti Fakultas Bahasa Asing, Universitas Mahasaraswati

Keywords:

kompetensi, pelatihan staf, ritel, Republic of Soap

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan pada staf baru di toko ritel Republic of Soap yang berlokasi di Bali. Semakin meningkatnya jumlah wisatawan asing, maka keterampilan untuk memberikan pelayanan yang optimal oleh staf sangat diperlukan terutama dalam keterampilan berbahasa asing khususnya bahasa Inggris. Kegiatan ini dilakukan dalam periode 23 Juli 2024 hingga 31 Agustus 2024, yang mencakup pelatihan berkomunikasi dalam bahasa Inggris, pengetahuan produk, pengoperasian Point of Sale (POS) dan kustomisasi produk melalui dua sesi yang dirancang untuk meningkatkan performa staf. Metode pelatihan meliputi observasi awal, sesi pelatihan langsung, dan evaluasi akhir untuk mengukur efektivitas program. Hasil dari pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan dalam kompetensi staf yang berdampak positif pada kualitas pelayanan dan efisiensi operasional. Pelatihan ini juga membantu mengatasi tantangan dalam penyesuaian diri staf baru terhadap lingkungan kerja yang sibuk. Program ini diharapkan dapat menjadi model untuk pengembangan kompetensi staf baru dalam sektor ritel yang menghadapi pelanggan internasional.

Downloads

Published

2024-12-23

Issue

Section

Articles