PENINGKATAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK OPTIMALISASI PENJUALAN PASCA PANDEMI COVID-19 PADA UMKM ANUGRAH JAYA PARFUM DI BANJAR DENKAYU BALERAN DESA WERDI BHUWANA

Penulis

  • Ni Wayan Suastini Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Wayan Krismayani Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Gede Mikha Giovanny polin Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Luh Linda Cahyani Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

pengabdian masyarakat, pemasaran digital, pendampingan, UMKM

Abstrak

Program pengabdian masyakat sangat banyak manfaatnya baik bagi mahasiswa maupun warga setempat. Program pengabdian masyarakat kali ini dilakukan di Desa Werdi Bhuwana, Mengwi, Badung, Bali tepatnya pada UMKM Anugrah Jaya Parfum. Hasil observasi menunjukan terdapat beberapa permasalahan yang dialami yaitu pelaku UMKM masih belum paham mengenai pemasaran beserta manfaat memasarkan produk melalui e-commerce. Selain itu permasalahan lainnya yang dihadapi adalah kurangnya pemahaman mengenai pemasaran secara digital serta strategi pemasaran masih sangat terbatas dan dianggap kurang optimal. Berdasarkan permasalahan yang dihadapi, adapun solusi yang diberikan yaitu dengan mengoptimalkan pemasaran dengan beberapa cara diantaranya, (1) Membantu UMKM Anugrah Jaya Parfum dalam membangun kerjasama dengan e-commerce Shopee. (2) Melakukan pelatihan dan pendampingan pemasaran secara digital produk UMKM Anugrah Jaya Parfum. (3) Membantu UMKM Anugrah Jaya Parfum dalam pembuatan logo, spanduk, dan media sosial. Metode pelaksanaan yang digunakkan dalam pengabdian masyarakat ini berupa observasi, persiapan dan perancangan, wawancara, perkenalan dan pendampingan. Partisipasi mitra dalam hal ini pelaku UMKM sangatlah tinggi sehingga program pengabdian masyrakat ini dapat berjalan dengan efektif.

Referensi

Chudzaifah, I., Hikmah, A, Pramudiani, A. (2021). Tridharma Perguruan Tinggi: Sinergitas Akademisi dan Masyarakat dalam Membangun Peradaban. Jurnal Pengabdian dan Pendampingan Masyarakat

Ichsan., Ali, A., (2020). METODE PENGUMPULAN DATA PENELITIAN MUSIK BERBASIS OBSERVASI AUDITIF. Jurnal Pertunjukan dan Pendidikan Musik

Idayu, R., Husni, M., Suhandi. (2021). Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa di Desa Nembol Kecamatan Mandalawangi Kabupaten Pandeglang Banten. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo Vol 7 No 1 Juni 2021

Ihza, K.N. (2020). DAMPAK COVID-19 TERHADAP USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) (Studi Kasus UMKM Ikhwa Comp Desa Watesprojo, Kemlagi, Mojokerto). Jurnal Inovasi Pendidikan Vol.1 No.7 Desember 2020 LPPM, N. (2020).

LPPM. (2023). Buku Pedoman Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Mahasaraswati Denpasar. Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Sari, Y., Farida, I., Hetika. (2019). MODEL PENDAMPINGAN UMKM PENGOLAHAN HASIL LAUT DENGAN METODE PENDEKATAN PENDAMPINGAN TERINTEGRASI. Jurnal MONEX Volume 8 Nomor. 1 Januari 2019

Trivaika, E., Sinubekti, M.A. (2022). Perancangan Aplikasi Pengelola Keuangan Pribadi Berbasis Android. JURNAL NUANSA INFORMATIKA Volume 16 Nomor 1, Januari 2022

Diterbitkan

2023-11-14