PENDAMPINGAN GIZI SEIMBANG SERTA PERILAKU HIDUP SEHAT DI SD NEGERI 2 TUMBAKBAYUH

Penulis

  • I Ketut Wardana Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Dewa Ayu Wiryadi Joni Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gede Dika Sanjaya Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Elsar Setiawan Umbu Lele Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

gizi, perilaku hidup bersih dan sehat, literasi

Abstrak

Gizi dan perilaku hidup sehat serta bersih sangat penting untuk pertumbuhan anak. Kegiatan sosialisasi dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan anak-anak mengenai makanan yang mengandung gizi seimbang dan perilaku hidup sehat dan bersih. SDN 2 Tumbakbayuh di Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung menjadi tempat pelaksanaan program sosialisasi tersebut. Dalam pengamatan, beberapa anak terlihat gemuk atau sangat kurus, ditambah kurangnya media literasi tentang makanan bergizi dan perilaku hidup sehat dan bersih. Program ini bertujuan memberikan solusi dengan memberikan sosialisasi kepada siswa mengenai makanan bergizi dan perilaku hidup sehat dan bersih. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pengetahuan siswa mengenai makanan bergizi dari hasil pre-test 42 menjadi post-test 87. Harapannya, pengetahuan tersebut akan terus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk mencegah stunting.

Referensi

Dewi, Desak Putu Sri Utami. (2022). Inovasi Pengembangan Pemasaran UMKM Warung Makan Bu Desak pada Masa Pandemi Covid-19. Laporan Pengabdian Masyarakat. Universitas Mahasaraswati Denpasar. Denpasar.

Febriyani, Annisa, et al. "Pemberian Wawasan Tentang Gizi Seimbang Dan Pencegahan Covid-19 Terhadap Anak." Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ. Vol. 1, No. 1. 2021.

Kelompok Mahasiswa KKN Kecamatan Kademangan. 2021. Laporan Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tahun Akademik 2020/2021. Laporan Akhir. Universitas Panca Marga. Probolinggu.

Krisna dan Diah. Pemberian Pelatihan Kedisiplinan dan Keuangan Sederhana Untuk Siswa di SD Negeri 2 Baturiti. Laporan Pengabdian Masyarakat. Universitas Mahasaraswati Denpasar. Denpasar

LPPM. (2022). Buku Pedoman Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Mahasaraswati Denpasar. Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Martini, I. A., & Wardana, I. K. (2016). IbM Para Pengangguran Dengan Permasalahan SDM. Prosiding Semnas Hasil Penelitian

Diterbitkan

2023-11-14