PENGEMBANGAN KETERAMPILAN SISWA/I SEKOLAH DASAR MELALUI PEMBUATAN KERAJINAN MOZAIK DAN PEMASARAN PRODUK DI DESA SIBANG KAJA

Penulis

  • Ni Wayan Eminda Sari Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Komang Widana Putra Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Kadek Sri Ratihningsih Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Julia Prastiwi Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

sekolah dasar, pelatihan, kerajinan, mozaik, pemasaran

Abstrak

Peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) semenjak dini sangat penting untuk diperhatikan dan ditinjau karena hal ini akan memberikan pengaruh besar terhadap pengembangan desa yang berkualitas dan lebih sejahtera di masa yang akan datang. Peningkatan dan pengembangan kreatifitas serta kualitas SDM dapat dimulai dari jenjang mendasar yaitu pada pendidikan sekolah dasar (SD). Kegiatan pelatihan kreatifitas siswa/i pada jenjang SD dapat melalui kegiatan pembuatan kerajinan tangan berupa mozaik atau koloase serta pengemasan produk yang baik dan rapi agar memiliki nilai jual dan dapat dipasarkan secara optimal. Salah satu sekolah dasar yang berada di daerah Desa Sibang Kaja adalah SD. No 2 Sibang Kaja, dimana pengembangan keterampilan khususnya siswa/i yang ada belum dilakukan secara optimal. Dengan adanya pelatihan dalam pembuatan kerajinan tangan mozaik atau koloase ini diharapkan dapat melatih kemampuan siswa/i dalam pengembangan daya motorik, daya tangkap, inovasi, kemampuan bekerjasama, dan sebagai sarana penyampaian emosi secara positif.

Referensi

Kharizmi, M., & Hanun, K. (2019). Upaya meningkatkan kemampuan motorik halus melalui tekhnik mozaik pada kelompok a (4-5 tahun) di tk tunas harapan kecamatan dewantara kabupaten aceh utara. 10-18.

Kurnada, N., & Iskandar , R. (2021). Analisis tingkat kecanduan bermain game online terhadap siswa sekolah dasar. JURNAL BASICEDU, 5660-5670.

Rizqia, M., Iskandar, W., Simangunsong, N., & Suryadi. (2019). Analisis psikomotorik halus siswa ditinjau dari keterampilan menggambar anak usia dasar sd. Journal of Islamic Primary Education, 45-53.

Untari, S. K. (2020). Kreatifitas guru dalam menyongsong pembelajaran masa pandemi covid-19. Buana Pendidikan Spesial Isssue, 49-53.

Wijaya, A. L., Chaniah, R. N., & Sari, A. K. (2022). Pelatihan pengemasan produk pada usaha krupuk puli “bu dian” rejomulyo kota madium. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 60-67.

Diterbitkan

2023-11-14