PENINGKATAN PEMASARAN PRODUK USAHA MIKRO KECIL MENENGAH

Penulis

  • Ni Putu Lisa Ernawatiningsih Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Cempaka Dharmadewi Atmaja Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Anak Agung Bagus Baskara Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Kadek Rama Deva Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

UMKM, pemasangan banner, google map, teknologi, bengkel

Abstrak

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu unsur petumbuhan perekonomian yang menempati posisi strategis dalam upaya mempercepat perubahan struktural dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat. UMKM mampu memperluas penyediaan lapangan kerja serta menjadi salah satu sumber pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan bagi suatu wilayah. UMKM Jasa bengkel sepeda motor dengan pertumbuhan pemakaian kendaraan bermotor yang tinggi dengan sudah dimulainya pembelajaran secara offline, memiliki prospek yang cerah dan sekaligus sebuah peluang usaha yang menguntungkan kedepannya. Namun beradasarkan hasil observasi yang di lakukan, di desa Sembung, Banjar Karangenjung terdapat beberapa kekurangan di UMKM jasa bengkel tersebut contohnya seperti lokasi dari bengkel tersebut yang terlalu masuk ke dalam, membuat orang-orang tidak mengetahui lokasi bengkel tersebut pada saat kondisi tertentu. Hal itu dapat diatasi dengan seiring berkembangnya teknologi yaitu penggunaan google map dan membuat banner sehingga memudahkan setiap individu untuk mengetahui lokasi bengkel terdekat di aplikasi handphone, maka di daerah tersebut akan menjadikan proses bisnis bengkel menjadi lebih mudah di ketahui lokasinya.

Referensi

Aribawa, D. (2016). Pengaruh literasi keuangan terhadap kinerja dan keberlangsungan UMKM di Jawa Tengah. Jurnal Siasat Bisnis, 20(1), 1- 13.

Effendy, A. A., & Sunarsi, D. (2020). Persepsi mahasiswa terhadap kemampuan dalam mendirikan UMKM dan efektivitas promosi melalui online di kota tangerang selatan. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(3), 702- 714.

Fuadi, D. S., Akhyadi, A. S., & Saripah, I. (2021). Systematic Review: Strategi Pemberdayaan Pelaku UMKM Menuju Ekonomi Digital Melalui Aksi Sosial. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(1), 1-13.

Hamza, L. M., & Agustien, D. (2019). Pengaruh Perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Terhadap Pendapatan Nasional Pada Sektor UMKM di Indonesia. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 8(2), 127-135.

Sarfiah, S. N., Atmaja, H. E., & Verawati, D. (2019). UMKM sebagai pilar membangun ekonomi bangsa. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), 4(2), 1-189.

Susanti, E. (2020). Pelatihan digital marketing dalam upaya pengembangan usaha berbasis teknologi pada UMKM di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor. Sawala: Jurnal pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa dan Masyarakat, 1(2), 36-50

Diterbitkan

2023-11-14