KEGIATAN PEMANFAATAN PERTANIAN PEKARANGAN DAN TEKNIK PEMBUATAN PUPUK KOMPOS DARI SAMPAHORGANIK DI KANTOR DESA SEDANG

Penulis

  • I Putu Edy Arizona Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Ketut Sunarwijaya Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gede Ariska Prasetya Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Kadek Awang Kusuma Dewa Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

sampah, pekarangan, pupuk kompos

Abstrak

Desa Sedang merupakan desa/kelurahan yang terdapat di wilayah Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, Provinsi Bali, Indonesia. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh tim pengabdi pemanfaatan lahan pekarangan pada DesaSedang masih kurang efektif, di mana tim pengabdi menemukan lahan pekarangan rumah-rumah masyarakat di desa sedang yang masih kosong atau belum dimanfaatkan secara baik. Kurangnya pengetahuan mengenai pemanfaatan pekarangan dan pelatihanmengenai penyiapan media tanah dan pupuk organik dari bahan sekitar menajadi faktor penghambat masyarakat untuk melakukan pertanian pekarangan. Berdasarkan permasalahan yang ada dimana masih banyak masyarakat desa sedang yang belum mengetahui cara pembuatan media pertanian pekarangan dan pengolahan sampah organik yang tepat di mana dengan mengelolahnya secara tepat tentunya sampah tersebut akan bermanfaat dan memiliki nilai tambah jika jumlahnya diperbanyak atau diproduksi masal. Oleh karena itu tim pengabdian masyarakat telah melakukan sosialisasi kegiatan pemanfaatan pertanian pekarangan dan teknik pembuatan pupuk kompos dari sampah organik di kantor desa Sedang sebagai bagian dari upaya untuk memberikan manfaat nyata bagi masyarakat. Metode yang digunakan dalam kegiatanpengadian masyarakat ini adalah observasi, persiapan dan pelaksanaan. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah penambahan wawasan masyarakat terhadap pemahaman mereka mengenai manfaat pertanian pekarangan dan teknik pembuatan kompos dari limbah organik.

Referensi

Amplas, M. (2018). Pemanfaatan Lahan Pekarangan Sebagai Sumber. 2–4.

Ayuningtyas, C. E., & Jatmika, S. E. D. (2019). Pemanfaatan Lahan Pekarangan untuk Meningkatkan Gizi Keluarga. In Penerbit K- Media (Vol. 1, Issue 9).

Haryati, Y., & Sukmaya. (2016). Optimalisasi pemanfaatan lahan pekarangan dalam mendukung peningkatan gizi keluarga. Buletin Hasil Kajian, 6(06), 14–17.

M. Alhudhori. (2017). Optimalisasi Pemanfaatan Pekarangan. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi , 17(1), 237–249.

Wahyurini, E., Suranto, S., & Suratna S. (2022). Pemanfatan Lahan Pekarangan Untuk Pertanian Organik Di Bantul, Yogyakarta. Dharma LPPM, 3(1), 79–83. https://doi.org/10.31315/dlppm.v 3i1.7125

Diterbitkan

2023-11-14