SOSIALISASI TENTANG STOP BULLYING DAN STOP NARKOBA DI SMP NEGERI 5 MENGWI KELURAHAN SADING

Penulis

  • I Gede Angga Diputera Fakultas Teknik Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Agung Ayu Istri Lestari Fakultas Teknik Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Komang Rastiti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ida Ayu Kade Isma Prasanthi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Pengabdian Masyarakat, Sading, Proyek Kemanusiaan, Sosialisasi, Bullying, Narkoba, SMPN 5 Mengwi

Abstrak

Pengabdian masyarakat adalah suatu bentuk kegiatan yang dilakukan oleh perguruan tinggi untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang digunakan untuk dapat memperbaiki kualitas hidup masyarakat. Pengabdian masyarakat ini juga merupakan salah satu tri dharma perguruan tinggi yaitu terdiri dari pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Desa Adat Sading merupakan desa yang luas dan memiliki 13 Banjar. Adapun desa adat tersebut terletak di wilayah Kecamatn Mengwi, Kabupaten Badung, yang terdiri dari Banjar Kaja, Negara Kelod, Pengalasan, Ujung Sari, Madia Sari, Negari, Karangsuwung, Jeroan, Puseh, Pekandelan danginan, pekandelan dauhan, Sengguan, dan Pasekan. Pada kegiatan pengabdian masyarakat kali ini dilaksanakan di SMP Negeri 5 Mengwi yang berada di desa Sading. SMP Negeri 5 Mengwi adalah salah satu satuan pendidikan dengan jenjang SMPN di Sading, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Bali. Dalam menjalankan kegiatannya, SMPN Negeri 5 Mengwi berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kegiatan pengabdian yang dilaksanakan yaitu sosialisasi tentang stop bullying agar siswa tidak saling membully teman yang lain karena akan menyebabkan adanya permusuhan dan mental siswa atau korban bullying akan terganggu. Selain itu ada dilakukan juga kegiatan sosialisasi tentang apa itu narkoba dan menyampaikan bahaya-bahaya yang diakibatkan ketika berani mencoba menkomsumsi narkoba dan obat terlarang.

Referensi

Kelompok Mahasiswa KKN Kecamatan Kademangan. 2021. Laporan Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tahun Akademik 2020/2021. Laporan Akhir. Universitas Panca Marga. Probolinggu.

LPPM. 2022. Buku Panduan Kuliah Kerja Nyata Tematik. Universitas Mahasaraswati Denpasar. Satriadi 2020. BUKU PANDUAN PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT. Insan Cendekia Mandiri.

Yuyarti. 2018. Mengatasi Bullying Melalui Pendidikan Karakter. Jurnal Kreatif Vol.9, No.1

Dianawuri.2023. Ciri-Ciri Pelaku Dan Korban Bullying Yang Harus Diketahui Orangtua. Article. Jakarta.

Hastuti, DKK. 2019. SOSIALISASI PENYULUHAN STOP BULLYING DI SD NEGERI 02 LENGKONG WETAN SERPONG KOTA TANGERANG SELATAN. Jurnal. Universitas Muhammadiyah. Jakarta.

Humas BNN. 2019. Pengertian Narkoba Dan Bahaya Narkoba Bagi Kesehatan. BNN Republik Indonesia. Jakarta

Lukman Azzahra Gilza. 2021. Kasus Narkoba Di Indonesia Dan Upaya Pencegahannya Di Kalangan Remaja. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol.2, No.3

Diterbitkan

2023-11-14