PENGEMBANGAN PROMOSI PRODUK HOME INDUSTRY MELALUI PLATFORM MEDIA SOSIAL DI DESA PENARUNGAN

Penulis

  • Pande Ketut Ribek Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Luh Gede Putu Purnawati Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Nyoman Wida Sugiantari Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Komang Ayu Trisna Wiryantari Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

UMKM, produk, digital marketing, promosi

Abstrak

Penggunaan digital marketing dalam pemasaran merupakan bentuk marketing dengan sosial media dalam mempromosikan sebuah baramg dan jasa. Salah satu UMKM yang terdapat di Desa Penarungan dalam pengabdian kali ini yaitu pada UMKM Kue Bawang “Sari Nadi”. UMKM ini bergerak pada bidang penjualan camilan dan produknya dipasarkan secara langsung ke mini market atau warung-warung terdekat serta menerima pesanan dari masyarakat sekitar desa. Namun permasalahan yang dihadapi oleh UMKM ini adalah dalam menjalankan usahanya yaitu pada perkembangan usahanya di daerah. Mengenai kendala tersebut terkait pemasaran produk melalui media online.

Tujuan dalam pengabdian masyarakat menggunakan promosi pada media sosial baik itu instagram maupun facebook adalah untuk meningkatkan omset penjualan serta hasil dari kegiatan ini adalah diharapkan pelaku UMKM mampu memahami dan memanfaatkan media sosial facebook, dan instagram untuk menarik konsumen dan dapat meningkatkan omset penjualan serta pelaku UMKM mampu mengapliasikan media sosial dalam promosi online yang baik dan benar sesuai kebutuhan saat berjualan. Metode yang digunakan pada program pengabdian masyarakat yaitu sosialisasi kepada pelaku UMKM mengenai pemasaran online melalui platform media sosial untuk meningkatkan profit penjualan produk home industry dan pendampingan kepada pelaku umkm dalam kegiatan promosi melalui media sosial facebook dan instagram produk home industry “Kue Bawang Sari Nadi”. Hasil dari pengabdian ini dengan menggunakan media sosial dalammemasarkan produknya, UMKM sari bawang ini mampu meningkatkan penjualan dan memperluas jaringan bisnisnya.

Referensi

Afiyah, Abidatul, and Dwiatmanto Muhammad Saifi. Analisis Studi Kelayakan Usaha Pendirian Home Industry (Studi Kasus pada Home Industry Cokelat “Cozy” Kademangan Blitar). Brawijaya University, 2015.

Dave Chaffey dan PR Smith (2017). ”Digital Marketing Dalam Perspektif Ekonomi Islam”. Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Raden Intan Lampung, Indonesia

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial (Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi). Jakarta: Simbiosa Rekatama Media.

Purwana, Dedi. 2017. “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit.” Jurnal Pemberdayaan Masyarakat 1.

Zilfania, D.V., (2014). Pengaruh Media Marketing Twitter Terhadap Terbentuknya Brand Image Restoran Burger Gaboh Pekanbaru. Universitas Riau. Hal:17

Diterbitkan

2023-11-14