PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MENGENAI WARNA, PAKAIAN, DAN KALIMAT SEDERHANA PADA SISWA KELAS 2 DI SD NOMOR 1 WERDI BHUWANA

Penulis

  • Komang Budiarta Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Wayan Suastini Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Ayu Diah Wulandari Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Ayu Tiah Mutiara Sari Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Kampus Mengajar, Bahasa Inggris, Kata Sifat, Kalimat Sederhana

Abstrak

Kampus mengajar merupakan bentuk memberdayakan mahasiswa yang berkolaborasi dengan sekolah. Melalui kampus mengajar, mahasiswa memiliki tanggung jawab dalam membatu kegiatan belajar. Program pengabdian masyarakat ini dapat membantu masyarakat untuk mengatasi permasalahan. Maka dengan itu, pelaksanaan Program Pengabdian Masyarakat pada periode ini dilakukan di daerah masing-masing. Hasil observasi menunjukan terdapat beberapa permasalahan yang dialami yaitu: 1) Rendahnya pengetahuan siswa dalam mengetahui kosa kata pada warna dan pakaian. 2) Kesulitan siswa dalam membuat sebuah kalimat sederhana yang berkaitan dengan pakaian. Berdasarkan permasalahan yang dihadapi, Adapun solusi yang diberikan yaitu, 1) Memberikan pengajaran bahasa Inggris dan menambahkan kosa kata baru kepada siswa mengenai warna dan pakaian. 2) Membatu siswa bagaimana cara menyusun dalam membuat kalimat sederhana mengenai warna pada pakaian. Metode pelaksanaan yang digunakkan dalam pengabdian masyarakat ini berupa tahap observasi, tahap persiapan, dan tahap pelaksanaan. Kegiatan ini telah berasil dilaksanakan sesuai dengan target yang direncanakan. Partisipasi mitra dalam hal ini para guru dan siswa sangatlah tinggi. Sehingga, siswa dapat mengetahui banyak kosa kata baru dan dapat menyusun kalimat sederhana. Serta guru merasa senang karena dapat membantu dalam kegiatan pembelajaran.

Referensi

James, M. C. (1990). Clasroom Teaching skill Lexington.Toronto: D.C. Heart and Company.

Riyanto, Y. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: SIC.

Suyanto. & Asep, J. (2013). Menjadi Guru Profesional, Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Jakarta: Esensi Erlangga Group.

Tafsir, A. 2013. Ilmu Pendidikan Islami. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Widoyoko, E. P. (2014). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Diterbitkan

2023-11-14