PENGUATAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN BAHASA INGGRIS BAGI ANAK KURANG MAMPU

Penulis

  • I Made Legawa Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Ketut Wardana Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Kadek Dwi Rahayu Meillya Putri Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Putu Indah Jery Lestari Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Pendampingan Belajar, Bahasa Inggris, penguatan kosa kata

Abstrak

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk menguatkan pengetahuan dan keterampilan bahasa Inggris bagi anak-anak kurang mampu di Desa Tumbak Bayuh, terutama yang berada di lingkungan Dangin Sema. Dalam rangka membantu meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, para pengabdi di lingkungan Universitas Mahasaraswat1 Denpasar melakukan program pengajaran dan pembelajaran yang terdiri dari pelatihan dan kegiatan pembelajaran praktis. Metode yang digunakan adalah metode pembelajaran yang terdiri dari pengajaran langsung dan diskusi kelompok kecil untuk meningkatkan kemampuan berbicara dan mendengarkan. Program ini juga memberikan pelatihan keterampilan menulis dan membaca serta pengenalan kosakata dan tata bahasa dasar. Selain itu, program juga melibatkan orang tua dan masyarakat setempat untuk membantu mendukung anak-anak dalam belajar bahasa Inggris. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa program ini efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bahasa Inggris anak-anak kurang mampu di Desa Tumbak Bayuh. Diharapkan program ini dapat menjadi model bagi pengembangan pendidikan bahasa Inggris di daerah pedesaan yang serupa.

Referensi

Dewi, D. P. S. U. (2022). Inovasi Pengembangan Pemasaran UMKM Warung Makan Bu Desak pada Masa Pandemi Covid-19. (Laporan Pengabdian Masyarakat). Denpasar: Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Baga, M. (2023). Pengembangan Desa Wisata Geoprak Biluhu Melalui Pembekalan Bahasa Inggris Dasar Berbasis Pengenalan dan Pengajaran Ilmu Lingkungan Bagi Anak-Anak Maupun Remaja. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 50–60.

LPPM. 2022. Buku Panduan Pengabdian kepada Masyarakat. Denpasar: Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Wardana, I. K., Astuti, P. S., & Sukanadi, N. L. (2020). Sikap Belajar dan Kemahiran Bahasa Inggris Karyawan Mexicola Melalui Pelatihan Berbasis Pelibatan Terintegrasi. Jurnal Bakti Saraswati (JBS): Media Publikasi Penelitian dan Penerapan Ipteks, 9(1), 78–102.

Diterbitkan

2023-11-14