OPTIMALISASI PEMBELAJARAN DI SD NOMOR 1 SIBANG GEDE, KECAMATAN MENGWI, KABUPATEN BADUNG

Penulis

  • I Komang Sulatra Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Kadek Rahayu Puspadewi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ida Ayu Kadek Nova Chintya Dwipa Datu Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Kadek Fitri Widiani Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

teknologi, aplikasi canva, storytelling, Bahasa Inggris

Abstrak

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengoptimalkan proses pembelajaran di SD Nomor 1 Sibang Gede. Adapun permasalahan yang dihadapi mitra yaitu masih minimnya pengetahuan guru dalam memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran. Selain itu, permasalahan lainnya adalah para siswa masih mengalami kesulitan dalam cara pengucapan kosa kata dalam Bahasa Inggris. Permasalahan-permasalahan tersebut diatasi dengan cara memberikan sosialisasi, pelatihan serta pendampingan mengenai aplikasi Canva kepada guru-guru. Untuk siswa dilakukan pendampingan pembelajaran Bahasa Inggris dengan metode storytelling untuk meningkatkan kemampuan pengucapan kosa kata siswa. Pengabdian masyarakat ini telah terlaksana dengan baik, lancar dengan antusias yang sangat tinggi dari mitra.

Referensi

Jamun, Y. M. (2018). Dampak Teknologi terhadap Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 10(1), 48–52.

Johan, E. P. E., Rustam, R. & Sinaga, A. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Aplikasi Canva Terhadap Hasil Menulis Iklan Poster di SMP Nasional Saiputra Jambi. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 11(2), 131–149.

Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2), 79–96.

Purba, Y. A. & Harahap, A. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Matematika di SMPN 1 NA IX-X Aek Kota Batu. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1325–1334. R

ahmatullah., Inanna., & Ampa, A.T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317– 327

Diterbitkan

2023-11-14