SOSIALISASI DAN PEMBUATAN LUBANG RESAPAN BIOPORI DI SMP SWASTIKA KAPAL

Penulis

  • Nengah Landra Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Made Ika Prastyadewi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Putu Totti Purnama Putra Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Dwi Uda Krisna Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Biopori, Sosialisasi, Penerapan langsung

Abstrak

Lubang resapan biopori adalah lubang silindris yang dibuat secara vertikal ke dalam tanah dengan diameter 10-30 cm dan kedalaman sekitar 100 cm, atau dalam kasus tanah dengan permukaan air tanah dangkal, tidak sampai melebihi kedalaman muka air tanah. keunggulan dari lubang resapan biopori salah satunya adalah teknologi tepat guna dan ramah lingkungan untuk mengatasi banjir. Selain itu lubang resapan biopori juga berfungsi untuk meningkatkan daya resapan air. Lubang resapan biopori juga dapat mengubah sampah organik menjadi kompos. Dengan memberikan sampah organik kedalamnya. Sampah ini akan dijadikan sebagai sumber energi bagi organisme tanah untuk melakukan kegiatannya melalui proses dekomposisi. Karena fungsinya sebagai peresap air maka penempatan lubang peresapan biopori dilakukan di lokasi dimana air secara alami akan cenderung berkumpul atau air tersebut diarahkan ke tempat dimana lubang resapan biopori berada. Penempatan lubang resapan biopori pada dasar saluran pembuangan air hujan akan mengubah fungsi dari saluran pembuang menjadi saluran peresap air hujan. Kondisi halaman pada SMP Swastika Kapal pada saat musim hujan sering mengalami genangan air, karena kurangnya saluran pembuangan air hujan. Maka perlu dilakukan upaya-upaya sistematis dan kontinyu untuk mencegah terjadinya genangan air di SMP Swastika Kapal. Salah satunya adalah dengan mengembangkan sumur resapan dan juga lubang-lubang biopori.

Referensi

Agung, Gede. 2022. Asal Usul Konon Desa Adat Kapal Bernama Jong Karem. Badung. URL: https://www.sejarahbali.com/read/konon-desa-adat-kapal-bernama-jong-karem?page=2. Diakses Pada Tanggal 04 April 2023.

Edelweis Lararenjana. 2023. Biopori Adalah Lubang Resapan Dalam Tanah. Jawa Timur. URL: https://www.merdeka.com/jatim/biopori-adalah-lubang-resapan-dalam-tanah-berikut-penjelasan-manfaatnya-kln.html. kses Pada Tanggal 05 April 2023.

LPPM Unmas.2023. Buku Panduan Kuliah Kerja Nyata Tematik Universitas Mahasaraswati Denpasar, Lembega Penelitian dan Pengabdian MasyarakatUniversitas Mahasaraswati Denpasar.

Diterbitkan

2023-11-14