MENGAJARKAN SENAM GEMU FAMIRE KEPADA SISWA SEKOLAH DASAR DAN MASYARAKAT DI DESA GULINGAN

Penulis

  • I Nyoman Suparsa Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Sudirga Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Luh Putu Wiras Aryaningsih Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

kebugaran, senam, olahraga

Abstrak

Adapun tujuan dari kegiatan yang diharapkan dari penyelenggaraan kegiatan ini adalah untuk mengembangan dan meneruskan kegiatan senam ini seminggu sekali. Dengan metode penelitian yang digunakan oleh penulis yaitu menggunakan teknik metode observasi. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penulis yaitu dengan cara melakukan pengamatan langsung ke sekolah dasar, dan penulis juga menggunakan Teknik pengumpulan data dengan mewawancarai pihak sekolah dasar tersebut untuk bisa mendapatkan data yang dibutuhkan oleh penulis. Berdasarkan dengan hasil penelitian yang penulis lakukan yaitu kegiatan senam ini setidaknya dilakukan seminggu sekali untuk meningkatkan kognitif, mengurangi stress dan meningkatkan mood, serta meningkatkan stamina dan kebugaran tubuh. Proses pelaksanaan senam ini yang pertama kami dari tim pelaksana mengajarkan senam gemu famire dan mencontohkan didepan baik itu pada siswa-siswa sekolah dasar dan juga di masyarakat di Desa Gulingan.

Referensi

Kurniyanti, M. A., Alfianto, A. G., Ulfa, M., & Sulaksono, A. D. (2023). Gerakan Sehat Inovasi Terpadu (Pojok Gesit) Sebagai Upaya Pencegahan Penyakit Hipertensi Pada Masyarakat Pedesaan Berbasis Kearifan Lokal. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(1), 216–226. https://doi.org/10.33379/icom.v3i1.2250

LPPM. 2022. Buku Panduan KKN Peduli Bencana Covid-19 Tahun 2022. Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Muhammad Muhyi (2020), Penguatan Partisipasi Aktif Masyarakat Melalui Program Bugar Desa (Budes) Di Desa Gondang Mojokerto Menuju Masyarakat Yang Bugar.

Nancy Trisari Schiff (2020), Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Meningkatkan Keterampilan Senam Maumere.

Prasetyo, Gian Bagus (2020) Pengembangan Senam Kreasi Gemu Fa Mire Di Kelas V Sekolah Indonesia Thailand Bangkok Tahun Ajaran 2019/2020.

Diterbitkan

2023-11-14