PEMBERDAYAAN POSYANDU UNTUK MENUNJANG KUALITAS HIDUP SEHAT DI DESA DARMASABA

Penulis

  • I Made Sastra Wibawa Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ida Ayu Made Wedasuwari Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Made Aprilia Afsari Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Komang Ayu Sabna Devi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Sucipta Wibawa Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Sosialisasi dan pendampingan, Posyandu, Hidup Sehat

Abstrak

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan di Desa Darmasaba, Abiansemal, Badung, Bali tepatnya di Banjar Bucu Desa Adat Tegal Darmasaba. Pelaksanaan kegiatan posyandu ini sangat penting dilaksanakan bagi masyarakat, namun masih banyak masyarakat yang belum sadar akan pentingnya pelaksanaan posyandu. Solusi yang dapat diberikan yaitu dengan memberikan edukasi peran penting pelaksanaan posyandu. Metode yang dapat digunakan yaitu dengan mengadakan sosialisasi, edukasi serta pendampingan terhadap kader, orang tua dan balitanya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal diperlukan beberapa tahapan seperti, tahap observasi, persiapan dan perancangan, sosialisasi, dan pendampingan. Tujuan diadakannya kegiatan pengabdian ini yaitu agar masyarakat sadar akan pentingnya pelaksanaan posyandu tersebut secara rutin. Setelah dilaksanakannya kegiatan pengabdian ini tentunya memberikan dampak positif yang ditunjukkan dengan hasil analisis kuesioner dengan perolehan nilai sebesar 98,26% yang dinyatakan bahwa kegiatan pengabdian ini mendapatkan respons yang sangat baik dari mitra sasaran.

Referensi

Darmasaba Kabupaten Badung. (2023). ‘Potensi Desa’ dikutip dari: RPJMDes 2021- 2017 (posted by: admin). tersedia di https://darmasaba.desa.id/potensi-desa, diakses tanggal 20 Maret 2023.

Hafifah, N dan Zaenal Abidin. (2020). Peran Posyandu dalam Meningkatkan Kualitas Kesehatan Ibu dan Anak di Desa Sukawening, Kabupaten Bogor. Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat, 2 (5), 893-900.

Isaura, V. (2011). Faktor-faktor yang berhubungan dengan kinerja kader posyandu di wilayah kerja Puskesmas Tarusan Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan tahun 2011. Padang: Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (skripsi tidak diterbitkan).

Lisnawati, L. (2015). Analisis Faktor Kinerja Kader Dalam Upaya Revitalisasi Posyandu. Jurnal Bidan, 1(2), 12-18.

Megawati, G., & Wiramihardja, S. (2019). Peningkatan Kapasitas Kader Posyandu Dalam Mendeteksi Dan Mencegah Stunting. Dharmakarya, 8(3), 154-159.

Restuningtyas, D., Febriyanti, D., Amalia, E., Az-Zahra, H. M. Q., Al Hasan, M. R., Niswatin, N., & Katmawanti, S. (2021). Pelaksanaan Posyandu Balita Sebagai Upaya Peningkatan Kesehatan. Prosiding Seminar Kesehatan Nasional Sexophone.

Diterbitkan

2023-11-14