EDUKASI RAMBU-RAMBU JALAN DAN PEMBUATAN PLANG PETUNJUK ARAH DI LINGKUNGAN DESA CEMAGI

Penulis

  • I Nyoman Suparsa Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Juniartha Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Komang Satya Wahyudi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Pande Made Bayu Jayantika Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

infrastruktur, edukasi, sosial

Abstrak

Pantai Cemagi adalah satu dari sekin banyak objek wisata yang sedang ramai dikunjungi oleh wisatawan, seperti halnya objek wisata yang baru berkembang, masih banyak infrastruktur yang kurang untuk menunjang kemajuan objek wisata Pantai Cemagi tersebut. Keberadaan infrastruktur yang memadai juga akan mempengaruhi kenyamanan wisatawan dalam berwisata. Keamanan dan kenyamanan pada sebuah tempat wisata adalah salah satu faktor pendukung yang dapat menumbuhkan kepercayaan terlebih kepuasan bagi wisatawan. Pengenalan mengenai pentingnya manfaat infrastruktur bagi masyarakat menjadi salah satu cara menumbuhkan rasa keperdulian dan tanggung jawab untuk menjaga infrastruktur yang telah ada. Konsep sosialisasi dapat diaplikasikan di Desa Cemagi untuk meningkatkan pemahaman masyarakat, khususnya siswa, mengenai pentingnya menjaga infrastruktur pariwisata. Dalam hal ini, sosialisasi dapat dilakukan secara formal melalui lembaga pendidikan seperti sekolah di Desa Cemagi, atau secara informal melalui kegiatan-kegiatan sosial yang bersifat kekeluargaan atau kelompok di dalam masyarakat. Dengan cara ini, diharapkan masyarakat memperoleh pengetahuan, sikap, dan nilai yang menumbuhkan perilaku baik dalam berpartisipasi secara efektif dalam menjaga infrastruktur pariwisata Desa Cemagi dan meningkatkan keberlangsungan pariwisata di wilayah tersebut.

Referensi

Elyas, A. H. (2020). INOVASI MODEL SOSIALISASI PERAN SERTA MASYARAKAT KECAMATAN HAMPARAN PERAK DALAM PEMILU,

Warta Dharmawangsa 14.1. Hamda, N. (2017). Masyarakat dan Sosialisasi. ITTIHAD, 12(22), 107-115.

Mulyono, A. T. (2009). Audit Keselamatan Infrastruktur Jalan (Studi Kasus Jalan Nasional KM 78-KM 79 Jalur Pantura Jawa, Kabupaten Batang). Jurnal Teknik Sipil, 6(3), 163-174.

Nss, R. L. (2015). Analisis dampak pembangunan infrastruktur jalan terhadap pertumbuhan usaha ekonomi rakyat di Kota Semarang. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 17(1), 82-103.

Supriatna, C., & Sutono, S. (2018). Media Sosialisasi Rambu-Rambu Lalulintas Dengan Metode Augmented Reality Berbasis Android. Media Jurnal Informatika, 8(1).

Tanjung, A., Mendrofa, A. A., Sulistio, A. A., Yosefa, B., Zevira, B. P., Fitrimeutia, C., & Saadah, I. (2022). Perbaikan dan Pembuatan Plang Nama Jalan serta Denah Lokasi di Desa Gerbang Sari. Journal of Rural and Urban Community Empowerment, 4(1), 49-55.

Dewi, M. H. U. (2013). Pengembangan desa wisata berbasis partisipasi masyarakat lokal di Desa Wisata Jatiluwih Tabanan, Bali. Jurnal Kawistara, 3(2).

Yadnya, I. W. A. N., Gandhiadi, G. K., & Sari, K. MEDIASI KENYAMANAN BERWISATA PADA PENGARUH PENERAPAN PROGRAM CHSE TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN

Diterbitkan

2023-11-14