PENGENALAN KOSAKATA BARU DAN MEMBACA TEKS BAHASA INGGRIS UNTUK MENGEMBANGKAN DAYA INGAT TERHADAP KOSAKATA BARU PADA SISWA DI SD NO 1 BUDUK

Penulis

  • I Made Sukerta Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Kadek Apriliani Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Putu Widia Kumala Sari Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Kadek Sila Darmawan Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Bahasa Inggris, pembelajaran, pemahaman, menganalisis

Abstrak

Kurangnya pemahaman terhadap kosakata baru merupakan masalah umum yang terdapat pada pembelajaran Bahasa inggris terutama dikalangan siswa yang baru mengenal bahasa inggris. Sehingga menjadi kurangnya minat membaca para siswa karena minimnya pengetahuan terhadap kata baru yang ditemukan oleh siswa. Permasalahan ini dialami oleh siswa kelas 4 dan 5 di SD No.1 Buduk yang baru mengenal Bahasa inggris, kesulitan yang dialami adalah kurangnya sarana seperti kamus Bahasa inggris sehingga siswa tidak bisa menganalisis kata baru yang mereka temukan. Oleh karena itu diadakannya kegiatan pembelajaran pengenalan kosa kata baru dengan cara membaca dan menganalisis pada kamus bertujuan untuk meningkatkan pemahaman saat membaca dan juga memberi tahu pentingnya penggunaan kamus Bahasa inggris sejak dini. Adanya masalah tersebut metode yang diberikan adalah memberikan materi secara langsung dengan memberikan teks cerita Bahasa inggris dan memberikan arahan kepada siswa untuk membawa kamus Bahasa inggris sehingga mudah menganalisis kosakata baru yang di temui pada teks cerita. Dalam pemaparan materi yang diberikan siswa menjadi mampu menganalisis kata baru yang siswa temukan dan juga siswa dapat memahami isi suatu cerita. Kegiatan pengajaran ini berlajalan sesuai dengan yang telah direncanakan, siswa sangat antusias dalam kegiatan ini dan bersemangat saat menganalisis kata baru.

Referensi

Andini Dwi Arumsari 2017. Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini Di Kecamatan Sukolilo Surabaya. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo.

Ade Irma Khairani 2013. Pendidikan Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Teknik Sipil Politeknik Negeri Medan.

Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Indonesia. 2009.Panduan Pengajuan Proposal Hibah Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Indonesia.Jakarta: Universitas Indonesia.

Partini. 2010. Pengantar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Grafindo Litera Media.

Sri Handayani 2015. Pentingnya kemampuan berbahasa inggris sebagai dalam menyongsong aseancommunity. Jurnal Profesi Pendidik

Diterbitkan

2023-11-14