SOSIALISASI DAN PELATIHAN PEMASARAN DIGITAL PADA UMKM DI DESA BONGKASA PERTIWI

Penulis

  • I Made Yogi Marantika Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Wayan Rustiarini Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Putu Pebi Putrawan Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Kadek Ayu Intan Prilandari Putri Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

sosialisasi, pelatihan, pemasaran digital, media sosial, UMKM

Abstrak

Perkembangan teknologi informasi sangat memengaruhi kehidupan masyarakat, khususnya dalam bidang pemasaran bagi UMKM dan bumdes. Adanya persaingan yang tinggi menuntut UMKM dan bumdes untuk memanfaatkan teknologi informasi dalam upaya meningkatkan kinerja. Media sosial menjadi sarana pemasaran yang paling efektif mengingat tingginya jumlah pengguna media sosial di Indonesia, dan cenderung mengalami pertumbuhan pada setiap tahunnya. Kegiatan pengabdian ini dilakukan pada dua UMKM dan satu bumdes yang berlokasi di Desa Bongkasa Pertiwi. Dalam hal ini, pelaksana memberikan sosialisasi dan pelatihan penggunaan media sosial Instagram dan marketplace Facebook pada UMKM Sri Rahayu Silver dan D.D Koi Bali, serta pengelola Bumdes Mandala Sari. Hasil evaluasi kegiatan. Untuk mengetahui keberhasilan program kerja yang dilakukan, indikator yang digunakan untuk mengukur tingkat keberhasilan program kerja adalah dengan menghitung penambahan jumlah follower, yaitu melakukan perbandingan jumlah follower sebelum dan sesudah diberikan pelatihan. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa terdapat penambahan jumlah follower untuk akun Instagram Bumdes Mandala Sari setelah mendapatkan pelatihan pemasaran digital. Selain itu, tampilan postingan pada akun Instagram menjadi lebih tertata dan rapi. Dapat dikatakan bahwa pelaksanaan program kerja telah terlaksana dengan baik.

Referensi

Alvara, S. (2019). Perilaku dan preferensi konsumen millennial indonesia terhadap aplikasi e-commerce 2019.

Anggraini, N. P. N., Rustiarini, N. W., & Satwam, I. K. S. B. (2022). Optimalisasi pemasaran digital berbasis media sosial untuk meningkatkan penjualan UMKM. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(6), 4888–4896. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i6.11216

Anggraini, N. P. N., Rustiarini, N. W., & Satwam, I. K. S. B. (2023). Pemanfaatan website sebagai strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan usaha mikro, kecil, dan menengah. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(1), 381–389. https://doi.org/10.31764/jmm.v5i5.5123

Kusuma, D. F., & Sugandi, M. S. (2018). Strategi pemanfaatan Instagram sebagai media komunikasi pemasaran digital yang dilakukan oleh Dino Donuts. Jurnal Manajemen Komunikasi, 3(1), 18–33.

Mantilla, A., & Edwards, S. (2019). Digital technology use by and with young children: A systematic review for the Statement on Young Children and Digital Technologies. Australasian Journal of Early Childhood, 44(2), 182–195. https://doi.org/10.1177/1836939119832744

Susanto, A., Sari, C. A., Rachmawanto, E. H., & Mulyono, I. U. W. (2020). Implementasi Facebook Marketplace untuk produk UMKM sebagai upaya peningkatan pemasaran dan penjualan online. Abdimasku: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 42–51.

Syahputra, R. A., Putri, C. W. A., Maliza, N. O., & Lestari, R. (2023). Peningkatan kemampuan branding UMKM melalui proses digitalisasi bisnis. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 4(1), 521–527.

Diterbitkan

2023-11-14