PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA SD NEGERI 1 ANGANTAKA MENGENAI P3K DAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS

Penulis

  • I Made Yogi Marantika Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Dewa Gede Bambang Erawan Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Luh Ayu Sugianitri Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Putu Surya Kusuma Wijaya Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

siswa, luka, P3K, desa Angantaka

Abstrak

Tujuan dari pengabdian pada masyarakat ini adalah untuk mengedukasi pentingnya pemahaman terkait pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) khususnya bagi siswa SDN 1 Angantaka. Siswa SDN 1 Angantaka dijadikan sebagai obyek kegiatan karena pemahaman mereka masih terbatas tentang upaya pertama yang seharusnya dilakukan apabila berhadapan dengan kecelakaan yang memungkinkan terjadinya luka ringan atau sejenisnya. Selain itu, anak SD yang berusia antara 6-12 tahun sangat rentan mengalami cedera dalam beraktifitas, baik di lingkungan sekolah maupun keluarga. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah sosialisasi/ceramah, serta pemodelan. Hasil kegiatan ini adalah siswa SD N 1 Angantaka sangat antusias dan bersemangat mengikuti kegiatan. Selain itu, Siswa SDN 1 Angantaka mampu mempraktikkan langkah-langkah yang harus dilakukan ketika terjadi kecelakaan, serta mengatasi luka ringan yang diakibatkannya, serta bertambahnya pemahaman terkait kosa kata dalam bahasa Inggris.

Referensi

Aip Syarifuddin dan Muhadi. 1991. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Alsa, Asmadi. 2003. Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif Serta Kombinasinya dalam Penelitian Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gabe Mirkin dan Marshall Hoffman. 1984. Kesehatan Olahraga. Jakarta: PT Grafidian Jaya.

http://id.wikipedia.org/wiki/Pertolongan_Pertama_Pada_Kecelakaan

LLPM. 2019. Buku Pedoman Kuliah Kerja Nyata Universitas Mahasaraswati Denpasar. Denpasar

Mashoed dan Djonet Soetatmo. 1981. Massage olahraga, Pertolongan PertamaPada Kecelakaan dan Pendidikan Keselamatan. Jakarta: Departemen

M. AtwiSuparman. 2005. Desain Instruksional. Jakarta: PAU-PPAI

Sutrisno Hadi. (1991). Analisis Butir Untuk Instrumen Angket Tes dan Skala.Yogyakarta: Andi Offset

Diterbitkan

2023-11-14