PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA SD NEGERI 1 ANGANTAKA MENGENAI P3K DAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS
Kata Kunci:
siswa, luka, P3K, desa AngantakaAbstrak
Tujuan dari pengabdian pada masyarakat ini adalah untuk mengedukasi pentingnya pemahaman terkait pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) khususnya bagi siswa SDN 1 Angantaka. Siswa SDN 1 Angantaka dijadikan sebagai obyek kegiatan karena pemahaman mereka masih terbatas tentang upaya pertama yang seharusnya dilakukan apabila berhadapan dengan kecelakaan yang memungkinkan terjadinya luka ringan atau sejenisnya. Selain itu, anak SD yang berusia antara 6-12 tahun sangat rentan mengalami cedera dalam beraktifitas, baik di lingkungan sekolah maupun keluarga. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah sosialisasi/ceramah, serta pemodelan. Hasil kegiatan ini adalah siswa SD N 1 Angantaka sangat antusias dan bersemangat mengikuti kegiatan. Selain itu, Siswa SDN 1 Angantaka mampu mempraktikkan langkah-langkah yang harus dilakukan ketika terjadi kecelakaan, serta mengatasi luka ringan yang diakibatkannya, serta bertambahnya pemahaman terkait kosa kata dalam bahasa Inggris.
Referensi
Aip Syarifuddin dan Muhadi. 1991. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Alsa, Asmadi. 2003. Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif Serta Kombinasinya dalam Penelitian Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Gabe Mirkin dan Marshall Hoffman. 1984. Kesehatan Olahraga. Jakarta: PT Grafidian Jaya.
http://id.wikipedia.org/wiki/Pertolongan_Pertama_Pada_Kecelakaan
LLPM. 2019. Buku Pedoman Kuliah Kerja Nyata Universitas Mahasaraswati Denpasar. Denpasar
Mashoed dan Djonet Soetatmo. 1981. Massage olahraga, Pertolongan PertamaPada Kecelakaan dan Pendidikan Keselamatan. Jakarta: Departemen
M. AtwiSuparman. 2005. Desain Instruksional. Jakarta: PAU-PPAI
Sutrisno Hadi. (1991). Analisis Butir Untuk Instrumen Angket Tes dan Skala.Yogyakarta: Andi Offset