PENINGKATAN PENGETAHUAN BAHASA INGGRIS PADA SISWA DI SEKOLAH SDN 3 ABIANBASE

Penulis

  • I Wayan Gde Wiryawan Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Made Sunarsih Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Ayu Intan Pradnya Paramitha Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Widya Puspita Sari Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Bahasa Inggris, modul belajar, pengabdian kepada masyarakat, pengajaran, SDN 3 Abianbase

Abstrak

Kegiatan ini merupakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang dilaksanakan di SDN 3 Abianbase, Lingkungan Br. Cica, Kelurahan Abianbase, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung. SDN 3 Abianbase merupakan salah satu sekolah dasar negeri favorit yang ada di Kelurahan Abianbase. Dari potensi yang luar biasa yang dimiliki SDN 3 Abianbase, terdapat beberapa hal yang masih perlu ditingkatkan, salah satunya dalam pemahaman Bahasa Inggris siswa. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dengan cara Pengajaran Learning English with Fun di SDN 3 Abianbase dengan melaksanakan pembuatan modul belajar serta pendampingan pengajaran. Dalam melakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini, kami dibantu oleh guru beseta staff Tata Usaha SDN 3 Abianbase. Dalam pelaksanaannya, seluruh guru dan staff sekolah serta seluruh siswa-siswi SDN 3 Abianbase yang terlibat sangat membantu kami selama kami melakukan kegiatan pengajaran. Hal tersebut dapat dilihat dari beberapa pendapat dan masukan dari Kepala Sekolah SDN 3 Abiabbase, para guru beserta staff sekolah serta seluruh siswa-siswi SDN 3 Abianbase, bahwa kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini mampu memberikan dampak positif kepada seluruh masyarakat sekolah SDN 3 Abianbase.

Referensi

Mashburn et al, 2008. Measures of Classroom Quality in Prekindergarten and Children’s Development of Academic, Language, and Social Skills May 2008, Child Development.

Etnografi, P., Sdsn, D., Kelapa, P., Jakarta, P., Iriany, T.), & Wijaya, K. (n.d.). PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH DASAR.

Fauziah, R., & Subhananto, D. A. (n.d.). Penerapan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sumber Daya Alam di Kelas III SD Negeri 70 Kuta Raja Banda Aceh.

Hikmah, M., Anwar, Y., & Riyanto, D. (n.d.). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI DUNIA HEWAN KELAS X DI SMA UNGGUL NEGERI 8 PALEMBANG. In JURNAL PEMBELAJARAN BIOLOGI (Vol. 5, Issue 1).

Indrayani, N., & Jember, I. (2016). LANGUAGE DEVELOPMENT AT EARLY CHILDHOOD (Vol. 1).

Cahyaningrum, D. (2020). Meaningful and Interesting Learning Process: Accomodating Comprehensible Input for Teaching English to Young Learners in the 4.0 Industrial Age. Jurnal Indria (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah Dan Sekolah Awal), 5(1), 1–14. https://doi.org/10.24269/jin.v5n1.2020.pp01- 14

Diterbitkan

2023-11-14