PENGABDIAN MASYARAKAT DENGAN PENINGKATAN SKILL SISWA DALAM BIDANG NON AKADEMIK DI SD NO. 3 SEDANG

Penulis

  • Putu Kepramareni Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Putu Edy Arizona Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Komang Budiani Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Kadek Ayuk Ariyanti Dewi Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

SD No. 3 Sedang, tari Bali, baris-berbaris

Abstrak

Kampus Mengajar di Desa Sedang tepatnya di SD N 3 Sedang merupakan salah satu Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh Dosen dan Mahasiswa Universitas Mahasarawati Denpasar melalui program Kuliah Kerja Nyata. Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh tim pelaksana di desa Sedang tepatnya di SD N 3 Sedang adalah “Peningkatan Skill Siswa Dalam Bidang Non Akademik kususnya Tari Bali dan Baris Berbaris”. Proram kerja ini bertujuan untuk membantu siswa SD N 3 Sedang agar lebih sadar dengan pentingnya Seni Tari dan Baris Berbaris. Karena menurut tim pelaksana kegiatan ini sangat penting untuk meningkatkan skill mereka. Pengajaran mengenai peningkatan skill ini nantinya dapat dikembangkan kepada siswa selama mereka berada dibangku sekolah. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah metodeobservasi dimana data yan didapat langsung dari hasil obsevasi di SD N 3 Sedang.Hasil dari program kerja ini sudah terlaksana dengan baik yaitu dapat dilihat darirespon siswa dan siswi SD N 3 Sedang yang ikut berpartisipasi dan berantusias dalam mengikuti latihan gerakangerakan yang diajarkan tim pelaksana.

Referensi

Jazuli, M. 2012. "Sosiologi Seni." UNS Pres.

Niki, Yulianti. 2022. "Pentingnya Penerapan Pembelajaran Seni Tari dalam Membentuk Mental Siswa." Jurnal Pendidikan dan Konseling Vol. 4 No. 3.

Sedang, SD No. 3. 2021. "Data Sekolah Dasar No. 3 Sedang." Data Sekolah.

Supriyanto. 2019. "Pemberdayaan Masyarakat Melalui Kesenian." Fakultas Seni Pertunjukan Vol 10 No. 2.

Syam, Herdi. 2023. "Familiarisasi Sistem Pendidikan Ketarunaan Melalui Pelatihan Baris Berbaris pada Sekolah Dasar." Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol.5

Diterbitkan

2023-11-14