PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK USIA DINI SECARA INTERAKTIF DAN INOVATIF

Penulis

  • I Komang Budiarta Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gede Angga Diputera Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Kadek Cahyani Dwi Lestari Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Dian Adnyani Putri Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

pembelajaran interaktif, inovatif

Abstrak

Kelurahan Sading merupakan salah satu area yang terluas di daerah Mengwi, Badung. Dengan batas wilayah 2.84 km2, Kelurahan Sading memiliki 12 sekolah yang terdiri atas Kelompok Bermain, Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Dibalik suksesnya Kabupaten Badung, masih ada beberapa permasalahan yang menyebabkan kurang maksimalnya kualitas belajar mengajar dari yang seharusnya. Di TK Shanti Kumara II yang terletak diareal Kantor Lurah Sading, selalu diberikan pengenalan Bahasa Inggris diawal kegiatan pembelajaran. Namun, selama observasi ditemukan bahwa akan semakin menarik bagi siswa jika pengenalan Bahasa Inggris tersebut dilaksanakan melalui kegiatan yang lebih menekankan pada kreativitas guru dalam mengembangkan materi ajar dengan stategi yang tepat dan menyesuaikan dengan karakteristik dari anak usia dini. Misalnya, anak-anak sangat suka belajar melalui musik dan lagu serta lebih tertarik bermain sambil belajar. Dengan demikian, anak-anak dapat belajar kosakata dan frasa dalam Bahasa Inggris secara alami melalui lagu ataupun kegiatan lain yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Permasalahan lainnya terjadi di SD No. 1 Sading yaitu kurangnya tenaga pendidik menyebabkan semakin minimnya pengetahuan yang dapat ditanamkan. Maka dari itu, kegitan tambahan pembelajaran Bahasa Inggris untuk anak usia dini secara interaktif dan inovatif dirancang dan dilaksanakan untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa di Kelurahan Sading. Maka dari itu, adapun hasil dari kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah sebagai berikut: Pertama meningkatnya motivasi serta minat belajar siswa pada siswa TK Shanti Kumara dan siswa di SD No. 1 Sading khususnya kelas 5 A&B lewat pembelajaran tambahan yang diberikan dengan aktivitas yang menyenangkan, serta ide baru yang terkemas secara interaktif dan inovatif dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas.

Referensi

Ananda. 2022. Gramedia Blog. Sumber: https://earlyimpactlearning.com/funny-relay races/, diakses pada tanggal 26 Maret 2023

Chairunnisa, Shafira. 2023. 160 Nama Buah Dalam Bahasa Inggris Dan Artinya. Terlengkap Dari A Sampai Z! Sumber: https://berita.99.co/nama-nama-buah-dalam-bahasa-inggris/, diakses pada tanggal 18 Maret 2023

Dress Up Relay. Early Impact. Sumber: https://earlyimpactlearning.com/funny-relay-races/, diakses pada tanggal 27 Maret 2023

Hakikat Pembelajaran Inovatif dan Interaktif. (2022). NaikPangkat.com. Sumber dari https://naikpangkat.com/hakikat-pembelajaran-inovatif-dan-interaktif/, diakses pada tanggal 10 April 2023

How to Play the Categories Game, Otherwise Known as “Stop the Bus”! 2020. My Kids’ Time. Sumber: https://www.mykidstime.com/things-to-do/how-to-play-categories-game-stop-the-bus/, diakses pada tanggal 26 Maret 2023

PANDUAN PENGABDIAN MASYARAKAT UNIVERSITAS MAHASARASWATI DENPASAR. Edisi IV (2022) PUSAT LEMBAGA PENGABDIAN DAN PENGELOLAAN PENGABDIAN MASYARAKAT. Ebook.

Quizizzgame: https://quizizz.com/join/quiz/64153e99af1e96001da58575/start?studentShare=true , diakses pada tanggal 26 Maret 2023

Diterbitkan

2023-11-14