EDUKASI TENTANG BAHAYA DBD (DEMAM BERDARAH DENGUE) KEPADA MASYARAKAT DESA MUNGGU

Penulis

  • I Made Wahyu Wijaya Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Ayu Vina Widiadnya Putri Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Putu Gede Febri Ambara Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gede Bisma Permana Yuda Putra Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Pengabdian Masyarakat, DBD, Jentik, Abate

Abstrak

Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Mahasaraswati Denpasar merupakan salah satu implikasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan kepada masyarakat bagi mahasiswa harus menjadi pengalaman belajar baru untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kesadaran hidup bermasyarakat. Bagi masyarakat sasaran, kehadiran mahasiswa akan mampu membawa dorongan dan inovasi di bidang pembangunan. Desa Munggu merupakan desa yang ditetapkan sebagai desa wisata sejak tahun 2010 karena mempunyai pesona budaya dan keindahan alamnya yang eksotik dengan letaknya yang strategis yaitu Ubud-Tanah Lot dan jalan raya Denpasar-Tanah Batch. Desa Munggu berada di Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Provinsi Bali. Desa Wisata Munggu meliputi 13 banjar dinas, 3 desa adat, 17 banjar adat dan 2 organisasi Pesubakan, dan berpopulasi 6.597 jiwa. Latar belakang pemilihan judul yang dipakai pada program kerja pengbdian kepada masyarakat ini setelah mendapatkan laporan mengenai masalah jentik nyamuk dilingkungan desa munggu. Masalah tersebut terjadi karena kurangnya dilaksanakan kegiatan pembasmian jentik di lingkungan tersebut (Sutriawan, 2021). Dan tidak jarang juga masyarakat terkena penyakit yang diakibatkan oleh banyaknya jentik nyamuk yang bersarang di genangan air yang terdapat di rumah rumah warga (Kusumawardani dkk, 2012).

Referensi

Dawe, M. A., Romeo, P., & Ndoen E. (2020). Pengetahuan dan Sikap Masyarakat serta Peran Petugas Kesehatan Terkait Pencegahan Demam Berdarah Dengue (DBD). Journal of Health and Behavioral Science, 2(2), 138-147.

Kusumawardani, E., Arkhaesi, N., & Hardian, H. (2012). Pengaruh penyuluhan kesehatan terhadap tingkat pengetahuan, sikap dan praktik ibu dalam pencegahan demam berdarah dengue pada anak (Doctoral dissertation, Fakultas Kedokteran).

Suryani, R., Saputra, H., & Sutrisman, A. (2019). Implementasi animasi 2D pada iklan layanan masyarakat sebagai sosialisasi penyakit DBD. Rekam: Jurnal Fotografi, Televisi, Animasi, 15(2), 153-166.

SUTRIYAWAN, A. (2021). Pencegahan Demam Berdarah Dengue (DBD) Melalui Pemberantasan Sarang Nyamuk. Journal of Nursing and Public Health, 9(2), 1-10.

Widiyaning, M. R., Musthofa, S. B., & Widjanarko, B. (2018). Faktor- Faktor Yang Berhubungan Dengan Praktik Pencegahan Demam Berdarah Dengue (Dbd) Oleh Ibu Rumah Tangga Di Kelurahan Doplang, Purworejo. Jurnal Kesehatan Masyarakat (Undip), 6(1), 761-69.

Hery Setiyawan, Asih Sri Lestari, Elly Nur Ayuningtyas, Annisa Meradji, Elly Diana, Evi Budi Utami Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat 3 (2), 241, 2019

Handriani Kristanti, Susi Damayanti DIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat 3 (1), 2021

Andi Silfiana, Sugiyanto Sugiharto CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1(2), 136-147, 2019

Indah Tri Susilowati, Endang Widhiyastuti JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat) 3 (2), 237-243, 2019

Ruhana Afifi Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1 (2), 2018

Diterbitkan

2023-11-14