EDUKASI BUDAYA LOKAL SENI TARI DAN MEJEJAITAN TERHADAP SISWA SEKOALH DASAR DI BADUNG BALI

Penulis

  • I Made Wahyu Wijaya Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Pande Ketut Ribek Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Diah Damayanti Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Luh Komang Laksmi Devi Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

edukasi, budaya lokal, senitari, mejejeaitan, siswa

Abstrak

Budaya lokal merupakan salah satu Pendidikan dasar yang sangat penting diberikan pada siswa sekolah dasar sehingga budaya tersebut menjadi ajeg dan tidak punah. Berdasarkan pengertian tersebut pendidikan budaya lokal merupakan suatu usaha untuk mengebangkan potensi peserta didik dalam suatu proses pembelajaran yang dicapai. Berdasarkan pengamatan yang dilaksanakan di SD No 4 Penarungan tentang ekstrakulikuler seni tari dan seni mejejaitan, diperoleh permasalahan yang dihadapi yakni kurangnya pengetahuan dalam kegiatan pembelajaran ekstrakulikuler seni tari. Selain itu, kurangnya pengetahuan keterampilan dalam mempertahankan seni dan tradisi dalam mejejaitan. Faktor yang menyebabkan adalah tidak adanya pembelajaran ekstrakulikuler di sekolah dan faktor lain yang mempengaruhi yakni mereka lebih cenderung menyukai dance modern dari pada seni tari Bali. Dengan adanya permasalahan tersebut, maka program pengabdian masyarakat yang dilaksanakan adalah menanamkan Sejak Dini Seni Tari dan Mejejaitan terhadap siswa/siswi SD No. 4 Penarungan. Adapun tujuan pelaksanaan kegiatan ini untuk memberikan contoh cara mejejaitan dan mengembangkan bakat dan minat dalam seni tari Bali. Metode sosialisasi dengan pendekatan dan pratikum langsung. Hasil kegiatan ini yaitu menjadikan para siswa/siswi mempunyai keinginan untuk belajar seni tari Bali dan juga dapat mengembangkan tradisi Bali dalam mejejaitan.

Referensi

Bukian, Windu Yasa. Wayan Sujana. 2022. Budaya “Mejejahitan” Bagi Wanita Sebagai Kearifan Lokal Di Bali. Bali

Iriani, Zera. 2008. Peningkatan Mutu Dalam Pembelajaran Seni Tari di Sekolah Dasar. Padang.

Kurniyanto, I. R., Arifiyanti, N., & Destiarni, R. P. (2023). Strategi pengentasan kemiskinan berbasis kearifan lokal pada masyarakat Desa Keleyan. AGRISCIENCE, 3(3), 205-215.

LPPM Unmas. 2022. Buku Pedoman Pengabdian Masyarakat Universitas Mahasaraswati

Mahayani, Ayu Primayuli. Dkk. Perkembangan Modal Melalui Tradisi Mejejaitan Pada Perempuan Bali Di Desa Budakeling. Bali

Diterbitkan

2023-11-14