MENINGKATKAN PEMBERDAYAAN UMKM USAHA JAJANAN UPAKARA
Kata Kunci:
Pengabdian masyarakat, UMKM, Strategi PemasaranAbstrak
Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan di Desa Gulingan Kecamatan Mengwi Kabupatena Badung, Bali. Mitra adalah pelaku UMKM jajanan upakara. Adapun permasalahan mitra yaitu pelaku UMKM Belum memaksimalkan penggunaan media sosial dalam hal untuk promosi produk dan pemasaran Kurangnya penggunaan tanda pengenal produk seperti stiker yang dapat mudah diketahui oleh konsumen. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan Pembuatan media sosial serta video promosi produk yang berguna untuk pemasaran guna meningkatkan penjualan. Pembuatan stiker yang dapat digunakan pada kemasan produk agar terlihat menarik dari segi kemasan dan dapat dengan mudah diketahui oleh konsumen.
Referensi
Aribawa, D. (2016). PENGARUH LITERASI KEUANGAN TERHADAP KINERJA DAN KEBERLANGSUNGAN UMKM DI JAWA TENGAH. Jurnal Siasat Bisnis vol 20 no 1, 1-13.
Hamzah, L. M., & Agustian, D. (2019). Pengaruh Perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Terhadap Pendapatan Nasional Pada Sektor UMKM di Indonesia. Jurnal Ekonomi Pembangunan (JEP), 127-135.
LPPM. (2022). PANDUAN KULIAH KERJA NYATA TEMATIK UNIVERSITAS MAHASARASWATI DENPASAR. DENPASAR.
Sarfiah, S. N., Atmaja, H. E., & Verawati, D. M. (2019). UMKM SEBAGAI PILAR MEMBANGUN EKONOMI BANGSA. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan) Volume 4 Nomor 2 2019, 137-146.
Setiawati, I., & Widyartati, P. (2017). Pengaruh Strategi Pemasaran Online Terhadap Peningkatan Laba UMKM. Bingkai Manajemen, 343-347.