PENINGKATAN PENCAPAIAN KOMPETENSI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SD NO 1 ABIANSEMAL DAUH YEH CANI
Kata Kunci:
Kontekstual learning, Pembelajaran Bahasa Inggris, umber Daya Manusia, Sekolah DasarAbstrak
Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia semenjak dini sangat penting untuk diperhatikan dan ditinjau agar desa dapat berdaya saing serta sejahtera di masa depan. Peningkatan dan pengembangan kreativitas serta mutu Sumber Daya Manusia (SDM) dapat dimulai dari jenjang dasar, yakni di sekolah dasar (SD). Namun, banyak faktor yang mempengaruhi hal ini tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya. Faktor yang pertama adalah metode yang digunakan dalam pembelajaran sangat membosankan yang dimana cenderung membuat anak cepat bosan dan lelah. Selain itu, kurangnya kontribusi orang sekitar kepada peserta didik dalam proses belajar juga menjadi salah satu faktor yang memepengaruhinya. Rendahnya minat belajar siswa, kurang optimalnya pemanfaatan teknologi oleh pengajar, dan kurangnya pembelajaran yang menarik merupakan permasalahan utama yang dihadapi SD No 1 Abiansemal Dauh Yeh Cani. Tim pengabdian masyarakat memberikan solusi yaitu memberikan pembelajaran Bahasa Inggris berbasis kontekstual learning. Untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, dapat menggunakan media permainan (Game) dan diakhiri dengan kuis (Quiz) yang menarik. Penggunaan permainan (Games) dalam media pembelajaran dapat membantu guru untuk menciptakan proses pembelajaran yang menyenangkan sekaligus menarik. Berdasarkan hasil post test, program pengabdian masyarakat ini terlaksana 100%, siswa-siswi memperoleh pengetahuan baru dan materi terkait Bahasa Inggris yang menyenangkan.
Referensi
Daya, S. 1996. Manajemen Sumber Daya Manusia. Universitas Gunadarma, .
Fahrudin, A. 2012. Pengantar Kesejahteraan Sosial, PT. Refika Aditama, Bandung, .
Gumiandari, S., Nafi’a, I. 2021. LEARNING ENGLISH FOR STUDENTS WITH SPECIAL NEEDS THROUGH SOCIAL CONSTRUCTIVISM PEDAGOGYBASED JOYFUL LEARNING. ELT Echo: The Journal of English Language Teaching in Foreign Language Context, 6(2): 235–242.
Listia, R. 2018. Kendala Pengajaran Bahasa Inggris Di Sekolah Dasar. National Seminar Proceeding, (60): 468–475.
Maili, S.N. 2018. Bahasa Inggris Pada Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Unsika, 6(1): 23–28.