EDUKASI PENGELOLAAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI DESA DARMASABA

Penulis

  • Ida Ayu Made Wedasuwari Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Nyoman Adi Susrawan Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Pasek Kurniawan Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Kadek Yunita Wendistha Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Kadek Sinta Jayanti Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

edukasi, pengelolaan, administrasi kependudukan

Abstrak

Pendataan kependudukan disuatu desa merupakan hal yang penting untuk mengetahui jumlah penduduk dan status penduduk di desa tersebut. Terkait dengan hal ini, kurangnya pemahaman beberapa pihak dalam penggunaan microsoft excel sebagai software digital untuk pengelolaan administrasi kependudukan di Desa Darmasaba membuat proses pemutakhiran administrasi desa terhambat. Mitra sasaran pada kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah Kelian Dinas Desa Darmasaba yang mengelola data kependudukan masing-masing banjar. Adapun metode yang digunakan pada pengabdian ini dirancang melalui beberapa tahap, diantaranya tahap observasi dan wawancara, tahap persiapan, tahap sosialisasi, tahap pendampingan, dan tahap monitoring serta evaluasi. Hasil dari kegiatan ini ditunjukan dengan antusiasme mitra sasaran dan pemahaman mitra sasaran terkait dengan sosialisasi yang diberikan. Hasil pre-test yaitu 68,75% meningkat pada nilai post-test yaitu 89,16%, dapat disimpulkan bahwa kegiatan sudah berjalan dengan sangat baik.

Referensi

Darmasaba Kabupaten Badung. (2023). ‘Profil Desa’ dikutip dari : RPJMDes 2021-2017 (posted by : admin). tersedia di https://darmasaba.desa.id/profil-wilayah, diakses tanggal 27 Maret 2023

Farhatilwarah, d. (2019). Karakteristik Sopan Santun Remaja : Pengaruh Sosialisasi Orang Tua dan Kontrol Diri. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, Vol 12, No. 1. , 114-125.

H.H, C. B. (2015). Pelaksanaan Administrasi Pemerintahan Desa dalam Meningkatkan Pelayanan Masyarakat di Desa Mataliba Kecamatan Long Hubun Kabupaten Mahakan Ulu. Ejournal Ilmu Pemerintahan.

Rahmawati, AD dan Azizah, F. (2020) Sistem Administrasi Desa Mendiro Kecamatan Ngrambe Kabupaten Ngawi Berbasis Web. Emitor, Jurnal Teknik Elektro, Vol 20, No. 2.

Rizaldi. (2019). Pelatihan Pengolahan Data Administrasi Perkantoran Menggunakan Aplikasi Microsoft Excel pada Balai Desa Pinanggripan Kecamatan Air Batu Kabupaten Asahan. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal Vol. 2 No. 2 107-114.

Supriyanto. (2015). Sistem Informasi Administrasi Data Kependudukan pada Kantor Kelurahan Desa Demangan Kabupaten Boyalali . Jurnal Udinus, Vol 10, No.1

Diterbitkan

2023-11-14