DIGITAL MARKETING DAN PENGUATAN BRANDINGPADA UMKM MOTHER YUDI DI DESA CEMAGI KECAMATAN MENGWI

Penulis

  • I Wayan Juniartha Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Desak Putu Eka Pratiwi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Amanda Putri Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Ngurah Agung Andrean Gita Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Digital Marketing, branding, UMKM

Abstrak

Mother Yudi merupakan salah satu UMKM yang terletak di Desa Cemagi, KecamatanMengwi, Kabupaten Badung. Berdasarkan hasil survey yang dilakukan, ada beberapahal yang menjadi penyebab penurunan penjualan yang dirasakan usaha ini, seperti kurangnya pemahaman akan tekhnologi dalam pemasaran digital. Oleh karena produkyang terjual sedikit menandakan bahwa produk UMKM Mother Yudi masih belum dapat melekat dimata pelanggan. Berdasarkan permasalahan tersebut, tim menyelenggarakan program pengabdian kepada masyarakat dengan topik pemberdayaan UMKM melalui digital marketing dan penguatan branding pada UMKM Mother Yudi. Tujuan diselenggarakannya program pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk mengoptimalkan digital marketing melalui Instagram. Mengoptimalkan penguatan branding produk UMKM Mother Yudi melalui pembentukan logo serta pemberian kemasan dan kartu nama. Penyelenggaraan program dilaksanakan dengan 5 tahap yaitu survey awal, tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap monitoring dan diskusi serta tahap akhir. Berdasarkan hasil penyelenggaraan program, tujuan yang telah ditetapkan telah tercapai merujuk pada indikator ketercapaian yakni hasil wawancara dengan pemilik UMKM Mother Yudi. Beliau menuturkan, bahwa program ini sangat berpengaruh terhadap usahanya, seperti produknya sudah banyak diketahui oleh masyarakat luas, beberapa konsumen melakukan repurchase karena pada saat pembelian mendapatkan packaging yang menarik dan pendapatan penjualannya meningkat selama diadakannya program pengabdian kepada masyarakat ini. Sehingga, dapat disimpulkan program pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan pada UMKM Mother Yudi di Desa Cemagi telah terselenggara dengan baik dan tujuan yang ditetapkan telah tercapai.

Referensi

Agustriyana, D., Ramadhan, N., Oktavien, S., & Sofyandi, R. H. (2021). Bertahan Usaha pada UMKM di Tengah Pandemic Covid-19. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 3(2), 93-99.

Komara, B. D., Setiawan, H. C. B., & Kurniawan, A. (2020). Jalan Terjal UMKM dan Pedagang Kecil Bertahan di Tengah Pandemi Covid-19 dan Ancaman Krisis Ekonomi Global. Jurnal Manajemen Bisnis, 17(3), 342-359.

Ozili, P. K. (2020). Financial inclusion and Fintech during COVID-19 crisis: Policy solutions. The Company Lawyer Journal, 8.

Pradiani, T. (2017). Pengaruh sistem pemasaran digital marketing terhadap peningkatan volume penjualan hasil industri rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46-53.

Putri, G.S. (2020). Prediksi Penyebaran Corona di Indonesia Berubah, Berakhir Awal Juni, bisa diakses di https://www.kompas.com/sains/read/2020/03/23/115440523/prediksipenyeba ran-corona-di-indonesia-berubah-berakhir-awal-juni.

Setiawan, H. C. B. (2020). Redesign Bisnis Pasca Pandemi Covid-19: Prespektif UMKM, BUMDes & Usaha Ekonomi Pesantren. Mukmin Publishing.

Sulistio, A. B. (2021). Branding Sebagai Inti Dari Promosi Bisnis. Wati, A. P. et al. (2020). Digital Marketing. Malang: Edulitera (Anggota IKAPI – No. 211/JTI/2019) Imprint PT. Literindo Berkah Karya.

Wijoyo, H. (2020). Digitalisasi umkm pasca pandemi covid-19 di riau. Prosiding Konferensi Nasional Administrasi Negara Sinagara, 12-16.

Yolanda, Y., Pujaseno, G., Damanik, V. P., Yasmen, A. H. R., & Sofya, R. (2019). Pemuda (Penge Mbangan Mitra Umkm Daerah Lunang Dua) Strategi Penguatan Branding Produk. Jurnal Ecogen, 2(2), 141-150

Diterbitkan

2023-11-14