SOSIALISASI PENTINGNYA PEMILAHAN SAMPAH ORGANIK DAN NON-ORGANIK DI DESA MENGWI, BADUNG

Penulis

  • Daniel Manek Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Putu Agus Putra Wirawan Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Godlief Anjas Lay Bole Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Komang Budiarsa Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Katarina Vivian Jaya Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

pengolahan sampah, pemilahan sampah, pupuk, sampah organik, sampah non-organik, sosialisasi

Abstrak

Artikel ini membahas tentang pengelolaan sampah di Desa Mengwi dan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pemilihan sampah serta cara pengelolaan sampah organik yang baik. Melalui observasi yang dilakukan, terungkap bahwa masih banyak sampah organik dan nonorganik yang tidak dipisahkan dengan benar. Hal ini mendorong mahasiswa untuk melakukan program "sosialisasi pemilahan sampah organik dan non-organik" sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan. Melalui program ini, masyarakat diharapkan dapat memahami pentingnya pengolahan sampah yang baik dan bertanggung jawab bagi lingkungan dan kesehatanmanusia, serta memanfaatkan sampah organik sebagai pupuk.

Referensi

Kusuma, A. S., Kusmiyati, F., & Wibowo, A. (2020). Pengabdian Masyarakat dalam Peningkatan Pemahaman Masyarakat tentang Pengelolaan Sampah di Desa Mendalanwangi, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak. Jurnal Kesejahteraan Sosial, 10(1), 48-56.

Pendidikan Lingkungan dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Sikap Masyarakat terhadap Pengelolaan Sampah. Jurnal Pendidikan Lingkungan dan Pembangunan Berkelanjutan,21(2), 141-148.

Setiawan, A., & Sudirman, M. A. (2019). Efektivitas Program Sosialisasi tentang Pemilahan Sampah: Studi Kasus di Desa Taman Puring, Jakarta Barat. KnE Social Sciences, 3(17),171-181.

Widjaja, N. P. A. P., & Suparnata, W. (2019). Peningkatan Kesadaran Masyarakat tentang Pentingnya Pemilahan Sampah pada Program Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat di Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan. Jurnal Ilmiah Lingkungan, 17(2), 41-46.

Organisasi Kesehatan Dunia. (2018). Mencegah penyakit melalui lingkungan yang sehat: mengelola risiko kesehatan akibat perubahan iklim : ringkasan eksekutif. Organisasi Kesehatan Dunia.

Wulandari, R. P., Suherman, S., & Sartika, D. (2019). Analisis Kesadaran dan Perilaku Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah pada Lingkungan Perumahan di Kelurahan Karang Mulya Kota Tangerang Selatan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 25(2),167-17.

Diterbitkan

2023-11-14