BIMBEL ANAK DAN APLIKASI BELAJAR INOVATIF DI LINGKUNGAN BANJAR GELAGAH PUWUN DESA KEKERAN MENGWI BADUNG

Penulis

  • Dewa Gede Agung Gana Kumara Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Nyoman Ari Novarini Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Luh Putu Widyantari Ary Satya Putri Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Made Dian Pramesti Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

bimbingan belajar, aplikasi belajar inovatif, lingkungan desa

Abstrak

Kebiasaan baru telah diadaptasi oleh masyarakat pada saat pandemi seperti ini. Namun beberapa hal masih saja dilakukan persis sama seperti sebelum pandemi melanda di seluruh dunia. Hal itu menjadi penyebab, kurang efektifnya hal tersebut dilakukan, dan menyebabkan kurangnya hasil yang bisa didapatkan. Hal itu juga termasuk di dalam ranah pendidikan, dimana, sebagian besar teknik yang dilakukan saat belajar mengajar, masih ditopang oleh teknik yang dikembangkan sebelum adanya pandemi. Berkaitan dengan hal tersebut, hasil belajar siswa juga ikut merosot dengan tidak adanya pembaruan lebih lanjut dari teknik dan cara yang perlu dilakukan. Selain hasil belajar siswa, minat dan kreatifitas siswa juga ikut terpengaruh dikarenakan penggunaan teknik dan cara yang kurang bisa untuk memberikan solusi pada keadaan yang sekarang mereka hadapi. Hal ini juga sedang terjadi di desa Kekeran dimana adanya kesulitan di dalam kegiatan belajar mengajar. Dengan pelatihan web ini bertujuan untuk melatih siswa yang mengajar di kantor desa, untuk memiliki skill yang lebih mumpuni untuk membuat media pembelajaran yang lebih menarik minat dan menambahkan kreatifitas dari siswa. Dengan melakukan penyuluhan terlebih dahulu kepada guru, program ini bisa disesuaikan dengan kemampuan siswa dan materi yang diperlukan. Perencanaan pelatihan bisa dilakukan dengan menimbang jadwal dari siswa, dan jadwal dari kami, sehingga pelatihan dan penyuluhan bisa dilakukan secara maksimal.

Referensi

Fatma Yuniarti, D. R. (2021). Game Digital Kahoot dalam pengajaran bahasa inggris . Jurnal Ilmiah Bina Edukasi , 46-59.

Icha Timart Diany Sinaga, N. W. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Kahoot terhadap motivasi belajar siswa SDN Nanga Bulik 6 Kabupaten Lamandau . Journal Of Environment and Management 3 (1) , 55-61.

Nurdyansyah. (2019). Media Pembelajaran Inovatif. pp. 1-2.

Agus Santoso, Y. R. (2019). Pendampingan belajar siswa di rumah melalui kegiatan bimbingan belajar di desa guci karanggeneng lamongan . Jurnal Abdimas Berdaya: Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan dan Pengabdian masyarakat 2 , 02.

Kamlasi, I. (2019). Bimbingan belajar bahasa inggris bagi anak-anak sekolah dasar . Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Masyarakat 2 , 260-267.

Maria Desidaria Noge, M. P. (2020). pelaksanaan program bimbingan belajar bahasa inggris "English is Fun" sebagai cara untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak-anak dalam menguasai bahasa inggris di SD . Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti 1 , 120-127.

NW Darmayanti, I. N. (2020). Pendampingan bimbingan belajar di rumah bagi siswa sd dusun buruan tampaksiring untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan , 207

Diterbitkan

2023-11-14