PENINGKATAN PEMAHAMAN DAN KEMAMPUAN SISWA DALAM PENGELOLAAN SAMPAH DI SD NO. 4 MEKAR BHUWANA

Penulis

  • Ida Ayu Nyoman Yuliastuti Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Luh Gede Putu Purnawati Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gede Widiantara Putra Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Kadek Evi Anggreni Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

pengelolaan, penyuluhan, sampah organik dan anorganik

Abstrak

Harmer, J. (1983). The practice of English Language Teaching. ERIC. LPPM Unmas Denpasar. (2022). Buku Panduan Pengabdian Kepada Masyarakat Tematik Universitas Mahasaraswati Denpasar, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Mahasaraswati Denpasar Ratnawati, R., & Angraeni, L. (2021). Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Lagu dan Media Audio Visual. Madaniya, 2(1), 79-86. https://doi.org/10.53696/27214834.40 Ratminingsih, N.M. (2016). Efektivitas Media Audio Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Lagu Kreasi di Kelas Lima Sekolah Dasar. JPI: Jurnal Pendidikan Indonesia, 127-138. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i1.8292 Wijaya, I. K. (2015). PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH DASAR. Bahtera: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 14(2), 120 - 128. https://doi.org/10.21009/BAHTERA.142.0Sampah menjadi suatu permasalahan klasik yang belum dapat teratasi dengan baik, yang disebabkan oleh kuantitas jumlah sampah dari masyarakat yang terus mengalami peningkatan tanpa mendapatkan solusi yang terbaik. Permasalah pengelolaan sampah ini juga dialami lingkungan sekolah SD No. 4 Mekar Bhuwana dimana masih banyaknya limbah sampah organik dan anorganik yang dihasilkan dan belum dipisahkan serta masih kurangnya pemahaman siswa mengenai cara pengolahan sampah menjadi kerajinan yang bermanfaat. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dilakukan penyuluhan dalam pengelolaan sampah di SD No. 4 Mekar Bhuwana. Dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian ini metode yang digunakan yaitu metode penyuluhan mengenai sampah serta pendampingan dalam memanfaatkan sampah menjadi kerajinan yang bermanfaat. Kegiatan pengabdian yang telah dilaksanakan dinilai berhasil karena saat evaluasi dimana siswa rutin membersihkan halaman sekolah dan siswa-siswi membuang sampah organik dan anorganik ke dalam tempat sampah sesuai dengan jenis sampahnya serta berhasilnya siswa-siswi dalam membuat kerajinan menggunakan sampah botol plastik.

Referensi

Dasril, O., & Yuni, R. F. (2019). Sosialisasi Pemilahan Sampah Organik Dan Anorganik Pada Siswa SD 05 Tigo Tanjung Talawi. Jurnal Abdimas Saintika, 1(1), 79-88.

Desa Mekar Bhuwana. (2021). Sejarah Desa. Diakses pada tanggal 13 April 2023 melalui https://desamekarbhuwana.badungkab.go.id/sejarah-desa

Hamsa, A., & Sulaiman, R. (2021). Penyuluhan Pengolahan Sampah Pada Anak di Komunitas Youth Sikolata. Madaniya, 2(3), 313-322.

Hikmawati, A., Prabowo, M. Y., Hafiz, A. B., & Sapitri, D. (2020). Pelatihan pengelolaan limbah plastik menjadi kerajinan tangan guna meningkatkan kreatifitas anak-anak. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 131-138.

Kya. (2017). Pendidikan dasar cara memilah sampah bagi siswa sd. (Online), (www.cakrawalamedia.co.id). Diakses pada tanggal 15 April 2023.

Mulyawan, R., Mahyudin, R. P., Badaruddin, B., & Ahmadi, A. (2019). Permasalahan Pengelolaan Persampahan di Kota Tarakan. Sanitasi: Jurnal Kesehatan Lingkungan, 11(2), 65-74.

Rahim, M. (2020). Strategi pengelolaan sampah berkelanjutan. Jurnal Sipil Sains, 10(1).

Syaharuddin, S., Samihati, M., & Jumriani, J. (2020). Aktualisasi Sikap Peduli Lingkungan Melalui Aktivitas Pengelolaan Sampah. Jurnal Socius, 9(2), 193- 203.

Yuliastuti, I. A. N., Yasa, I. N. M., & Jember, I. M. (2013). Partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah di Kabupaten Badung. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 2(6), 374-393

Diterbitkan

2023-11-14