PENINGKATAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MELALUI PENGEMBANGAN VOCAB (KOSA KATA) BERBASIS ILMU TEKNOLOGI (IT)
Kata Kunci:
Bahasa Inggris, Pembelajaran, Kosa Kata, Vocabulary, ITAbstrak
Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan hampir di seluruh dunia. Pembelajaran bahasa Inggris merupakan hal yang penting diberikan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi di era globalisasi seperti sekarang ini. Bahasa Inggris diharapkan dapat diajarkan secara efektif pada lembaga – lembaga pendidikan formal maupun informal, terkhusus di Sekolah Dasar. Pada Sekolah – sekolah Dasar di Desa Kuwum kecamatan Mengwi ditemukan permasalahan mengenai rendahnya minat belajar bahasa Inggris pada siswa di tingkat sekolah dasar, serta kurangnya pengetahuan untuk memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran. Solusi yang ditawarkan dalam memecahkan permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan media lagu pada platform youtube sebagai sarana menarik minat siswa mempelajari bahasa Inggris, selanjutnya mengajarkan siswa menggunakan kamus online untuk memudahkan mengembangkan vocab (kosa kata bahasa Inggris. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan observasi, koordinasi dan edukasi. Hasil dari pelaksanaan kegiatan menunjukkan bahwa respon siswa sangat positif terhadap pengajaran yang diberikan bahkan siswa secara mandiri dapat menggunakan aplikasi kamus online untuk media pembelajaran sehari-hari.
Referensi
Harmer, J. (1983). The practice of English Language Teaching. ERIC.
LPPM Unmas Denpasar. (2022). Buku Panduan Pengabdian Kepada Masyarakat Tematik Universitas Mahasaraswati Denpasar, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Mahasaraswati Denpasar
Ratnawati, R., & Angraeni, L. (2021). Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Lagu dan Media Audio Visual. Madaniya, 2(1), 79-86. https://doi.org/10.53696/27214834.40
Ratminingsih, N.M. (2016). Efektivitas Media Audio Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Lagu Kreasi di Kelas Lima Sekolah Dasar. JPI: Jurnal Pendidikan Indonesia, 127-138. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i1.8292
Wijaya, I. K. (2015). PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH DASAR. Bahtera: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 14(2), 120 - 128. https://doi.org/10.21009/BAHTERA.142.02