PELATIHAN CALISTUNG (MEMBACA, MENULIS, DAN MENGHITUNG ) KEPADA ANAK TK DI DESA KEKERAN

Penulis

  • Ni Nyoman Ari Novarini Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Desak Sriary Bhegawati Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Wayan Winda Pradnya Darmayanti Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Angga Suarga Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

pengabdian masyarakat, pendidikan TK, kemampuan balistung, tenaga pendidik, pelatihan, pembelajaran, lomba menghitung

Abstrak

Pengabdian kepada Masyarakat ini merupakan suatu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa sekaligus melatih mahasiwa meningkatkan kapasitas dirinya dengan cara terlibat langsung berperan serta melakukan upaya membantu masyarakat di daerah asalnya masing-masing. Pengabdian Masyarakat dilaksanakan di desa Kekeran, kecamatan Mengwi, Badung. Program pengabdian masyarakat ini menyasar di bidang pendidikan, tingkat pendidikan yang paling bawah yakni TK. Kegiatan dilaksanakan dengan mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi oleh pengajar dan anak anak TK dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan adalah dengan melakukan observasi dan wawancara kepada pengajar serta mencari solusi terkait permasalahan yang diperoleh. Adapun masalah yang diperoleh. Permasalahan yang diperoleh adalah kurangnya meliputi banyak anak-anak yang kesulitan membaca, menulis, dan berhitung dengan baik karena kurangnya fasilitas dan tenaga pendidik. Solusi yang dapat diberikan adalah dengan memberikan pelatihan dan pembelajaran secara intensif kepada anak-anak TK Satya Kumara 1 dan 2. Dengan memberikan materi yang disesuaikan dengan tingkat pemahaman anak-anak, serta memanfaatkan pembelajaran yang menarik dan interaktif. Selain itu, kegiatan lomba menghitung juga diselenggarakan sebagai upaya meningkatkan minat dan motivasi belajar anak-anak. Proker pengajaran balistung di TK Satya Kumara 1 dan 2, lomba menghitung diadakan dengan melibatkan seluruh pihak yang terkait, termasuk pengajar. Hasil dari kegiatan ini adalah diharapkan dapat meningkatkan kemampuan balistung pada anak-anak TK Satya Kumara 1 dan 2, serta terciptanya lingkungan belajar yang kondusif dan menyenangkan. Dengan adanya proker pengajaran balistung ini, diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan mempersiapkan anak-anak sebagai generasi penerus yang mampu bersaing di masa depan.

Referensi

Aprianti, E., Nafiqoh, H., & Rohaeti, E. E. (2019). Metode Pembelajaran Bermain Kartu KataDalam Meningkatkan Kecerdasan Kognitif Di Tk Tridaya Cimahi. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 6(1), 16-23.

Istiyani, D. (2013). Model pembelajaran membaca menulis menghitung (calistung) pada anakusia dini di kabupaten pekalongan. Jurnal penelitian, 10(1).

Guswarni, E. (2012). Peningkatan Kemampuan Membaca awal Anak Melalui Permainan Kartu Gambar di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Agam. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD,1(2).

Fatmawati, F. (2019). Meningkatkan Kretivitas Anak Melalui Kegiatan Bermain pada Pembelajaran Sentra Persiapan di TK Kemala Bhayangkari 29 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 19-19.

Fahrurrozi, M., & Kharisma, L. P. I. (2020). Media pembelajaran M3 (membaca, menulis, menghitung) berbasis multimedia untuk Anak Usia Dini. Teknimedia: Teknologi Informasi dan Multimedia, 1(1), 47-52.

Diterbitkan

2023-11-14