PENATAAN DAN PEMBUATAN ADMINISTRASI DESA UNTUK MENUNJANG LOMBA DESA

Penulis

  • Ni Wayan Rustiarini Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Luh Komang Merawati Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ida Ayu Dwi Cahyani Murti Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Onik Puspita Sari Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

administrasi desa, lomba desa, penataan administrasi

Abstrak

Administrasi pemerintahan desa adalah keseluruhan proses kegiatan pencatatan data dan informasi mengenai pemerintahan desa pada buku register desa yang meliputi administrasi umum, administrasi penduduk, administrasi keuangan, administrasi pembangunan, dan administrasi lainnya. Tanpa administrasi yang baik, mustahil tujuanpada pemerintahan desa dapat tercapai. Melalui pengabdian kepada masyarakat ini kami melaksanakan program kerja dengan metode pelaksanaan penataan dan pembuatan administrasi desa dalam membantu aparat desa dalam menunjang kegiatanlomba desa baik dalam mengumpulkan data serta penginputan data sesuai dengan daftar lampiran susunan penilaian lomba desa. Berdasarkan program kerja pelaksanaan penataan dan pembuatan administrasi desa dalam menunjang lomba desa telah dilaksanakan dengan realisasi ketercapaian 100% yang didukung dengan hasil pengukuran kegiatan pelaksanaan tersebut yang dimana penulis dapat memenuhi keperluan administrasi desa.

Referensi

Arisanti, E., & Sardjono, H. S. (2023). Pengaruh kepemimpinan kepala desa, partisipasi masyarakat dan komunikasi terhadap keberhasilan lomba desa: (Studi di Desa Paringan, Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo Provinsi Jawa Timur). JI@ P, 12(1).

Irawan, N. (2017). Tata Kelola Pemerintahan Desa Era UU Desa. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Mulyono, S. P. (2014). Sinergitas penyelenggaraan pemerintahan desa pasca pemberlakuan UU No. 6 Tahun 2014 tentang desa. Masalah-Masalah Hukum, 43(3), 438–444.

Sulandra, I. M., & Mudarya, I. N. (2018). Kemampuan aparat desa dalam pelaksanaan tugas administrasi pemerintahan desa. Locus, 9(1), 28–38.

Sutopo, D. S., Nugroho, A. B., & Yunita, N. (2022). Horison kemajuan desa menyelami peranan pemimpin dan pemerintahan desa. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 5(1), 147–161.

Tamawiwi, R. (2015). Kinerja pemerintah desa dalam pelayanan administrasi kependudukan di Desa Poopo Barat Kecamatan Ranoyapo Kabupaten Minahasa Selatan. Politico: Jurnal Ilmu Politik, 2(6), 1103.

Wasistiono, S., Tahir, I., & AP, M. S. (2014). Tinjauan ulang (review) tentang administrasi dan pemerintahan desa. Journal Ummat, 1–40

Diterbitkan

2023-11-14