PEMANFAATAN MEDIA DIGITAL MARKETING DAN BUKU JURNAL KAS DALAM MENINGKATKAN STRATEGI PEMASARAN DAN MANAJEMEN KEUANGAN BAGI PARA PETANI PACAR AIR DI DESA ANGANTAKA

Penulis

  • Dewa Gede Bambang Erawan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mahasaraswati Denpasar,
  • Ni Luh Sukanadi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mahasaraswati Denpasar,
  • Ni Komang Atik Agustini Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Nyoman Trisna Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

petani, pacar air, digital marketing, jurnal kas

Abstrak

Sebagian besar mata pencaharian penduduk Desa Angantaka adalah sebagai petani dan Pedagang. Kendala yang dialami oleh petani, khususnya petani bunga pacar air di desa Angantaka adalah kurangnya pengetahuanpetani dalam strategi pemasaran hasil panen bunga pacar air, serta berkaitan dengan pembukuan jurnal kas. Solusi yang dapat diberikan dalam mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan mensosialisasikan strategi pemasaran digital, serta pelatihan dalam penyusunan buku jurnal kas. Metode yang digunakan dalam melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah dengan metode sosialisasi, serta pelatihan. Hasil kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah sebagian besar petani, khsususnya petani bunga pacar air mampu menggunakan berbagai macam digital marketing dalam memasarkan hasil panen bunga pacar air yang selama ini masih dilakukan secara tradisional. Selain itu, petani mampu memahami dalam membuat sebuah laporan jurnal kas terkait dengan hasil usaha pertanian, khususnya hasil panen bunga pacar air.

Referensi

Kotler dan Amstrong, 2006. Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan.Tersedia : www.journal.ikopin.ac.id/index.php/coopetition/article/download/25/26. (14 Maret 2023)

Sukirno, 2013. Bab II Landasan Teori. (online) Tersedia : http://repo.uinsatu.ac.id/22525/4/BAB%20II.pdf. (14 Maret 2023)

Diterbitkan

2023-11-14