SOSIALISASI STUNTING DAN KANKER SERVIKS KEPADA IBU-IBU PKK DI KELURAHAN ABIANBASE

Penulis

  • Ni Made Sunarsih Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Komang Merawati Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Kadek Putra Herawan Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Made Swandewi Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Kesehatan Kelurahan, sosialisasi, kelurahan Abianbase

Abstrak

Kegiatan pengabdian masyarakat ini memiliki tujuan umum untuk membantu masyarakat di Kelurahan Abianbase untuk mengatasi kendala-kendala yang dihadapi khususnya dalam menanggulangi stunting dan penyakit kanker serviks kepada Ibu-Ibu PKK. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah kegiatan penyuluhan dan pelatihan. Penyuluhan kesehatan juga dikenal dengan pendidikan kesehatan masyarakat (Public Health Education), yaitu suatu usaha atau kegiatan yang dilakukan sekelompok atau individu untuk menyampaikan pesan kesehatan kepada masyarakat. Dari hasil penyuluhan atau sosialisasi dapat ditarik kesimpulan bahwa selama kegiatan sosialisasi masyarakat Kelurahan Abianbase tampak antusias mengikuti sosialisasi. Hal ini dapat dilihat dari bagaimana respon masyarakat, keinginan masyarakat untuk mengetahui dan bisa mencegah Stunting atau Tumbuh Kembang Balita dan Kesehatan kepada IbuIbu PKK.

Referensi

Damanik, S. 2021 "Hubungan Pengetahuan Wus Tentang Kanker Serviks Dengan Pemeriksaan Papsmear Di Dusun Iv Desa Helvetia Helvetia Kecamatan Labuhan Deli Tahun 2020." Jurnal Kebidanan Sorong 1.1 (2021): 26-35.

Pemerintah Republik Indonesia, 2009. Peraturan Pemerintah Nomor 67 Tahun 2009 tanggal 16 November 2009 tentang Ibu Kota Kabupaten Badung

Diterbitkan

2023-11-14