PEMBERDAYAAN UMKM JAJANAN KLEPON DESA TUNJUK DENGAN PENDAMPINGAN BRANDING LOGO USAHA DAN PEMASARAN PRODUK
Kata Kunci:
branding, UMKM, digital marketing, pemberdayaan, pelatihanAbstrak
Adanya pandemi Covid-19 selama beberapa tahun belakangan nyatanya mampu memberi dampak cukup parah pada sektor perekonomian. Tidak terkecuali pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang paling rentan terkena dampak dari pembatasan aktivitas manusia dalam bertransaksi ekonomi. Branding merupakan langkah awal untuk para pelaku usaha UMKM agar bisa menembus pangsa pasar dan menjaga bisnis agar tetap bertahan. Kebanyakan UMKM saat ini mulai berjualan tanpa mempunyai merek (brand), padahal dengan adanya merek, pelaku usaha akan lebih mudah dalam memasarkan produknya. Penguasaan teknologi yang baik juga merupakan hal wajib, apalagi di era serba digital seperti sekarang. Dengan persaingan yang semakin kompetitif, pelaku UMKM seharusnya melek akan teknologi informasi (TI) sehingga memudahkan dalam memasarkan produknya. Minimnya pengetahuan di bidang penjenamaan (branding) dan pemasaran digital (digital marketing), serta Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang sempat terjadi pada waktu lalu, membuat pelaku usaha UMKM khususnya jajanan klepon milik Ibu Putu Sutiri kesulitan dalam mendapatkan penghasilan dan beradaptasi dengan perubahan yang ada. Melihat kondisi tersebut, Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Mahasaraswati Denpasar hadir membawa misi untuk membantu UMKM jajanan klepon milik Ibu Putu Sutiri dengan cara melakukan pemberdayaan di bidang branding yang meliputi merek, logo usaha dan produk, serta pelatihan pemasaran digital agar usaha semakin dikenal dan memiliki jangkauan pasar lebih luas.
Referensi
Badan Pusat Statistik Kabupaten Tabanan. 2021. Kecamatan Tabanan Dalam Angka 2021. Diakses pada tanggal 20 Agustus 2022, dari https://tabanankab.bps.go.id/publication/2021/09/24/0d414cce81a1f882459 07110/kecamatan-tabanan-dalam-angka-2021.html
Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia. 2011. Panduan Pengajuan Proposal Hibah Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia. Jakarta.
Ife, J. W., 1995. Community Development: Creating Community Alternatives-vision, Analysis and Practice. Melbourne: Longman.
Kementerian Koperasi dan UKM RI. 2019. Perkembangan Data Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) dan Usaha Besar (UB) Tahun 2018–2019. Diakses pada tanggal 20 Agustus 2022, dari https://kemenkopukm.go.id/uploads/laporan/1650868533_SANDINGAN_D ATA_UMKM_2018-2019%20=.pdf
Kementerian Keuangan RI. 2022. Pengembangan UMKM Dorong Pertumbuhan Ekonomi. Diakses pada tanggal 20 Agustus 2022, dari https://www.kemenkeu.go.id/informasi-publik/publikasi/berita-utama/pengembangan-umkm-dorong-pertumbuhan-ekonomi
Prabowo, W. A., 2018. Pengaruh Digital Marketing Terhadap Organizational Performance. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(2), 101–112.