PENDAMPINGAN DAN PENGEMBANGAN INOVASI UMKM JAJANAN BALI DESA TIMPAG

Penulis

  • Kadek Yobi Dharma Putra Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Erna Cahyaniningsih Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Daniel Manek Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

akun, media, new normal, online, promosi, UMKM

Abstrak

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mengalami dampak dari adanya pandemi Covid-19. Penurunnya daya beli konsumen menjadi suatu tantangan pelaku UMKM dalam menjalankan produksi usahanya. Salah satu peluang pelaku UMKM untuk bertahan saat ini adalah dengan cara memaksimalkan penjualan online. Tetapi tidak sedikit para pelaku UMKM yang masih belum paham dengan penjualan online ini. Maka dari itu, perlunya pemberdayaan masyarakat pelaku UMKM dalam mencoba pasar Online. Dengan menggunakan dan mengelola media digital yang tepat, diharapkan para pelaku usaha dapat meningkatkan ketertarikan masyarakat mengenai produk. Kegiatan pengabdian bertujuan sebagai upaya pendampingan meningkatkan penjualan UMKM jajanan Bali Desa Timpag dalam menghadapi new normal. Metode pendekatan yang digunakan dalam pengabdian masyarakat kali ini adalah dalam bentuk pandampingan terhadap pelaku usaha tentang pengembangan inovasi usaha UMKM dimana para anggota turun langsung ke lapangan. Proses kegiatan pendampingan UMKM diawali wawancara dengan pemilik usaha untuk mengetahui situasi kondisi usahanya saat ini. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat sasaran yaitu kurangnya strategi pada kemasan dan promosi. Hasil pelaksanaan pengabdian sebuah desain kemasan yang berisikan logo supaya lebih dikenal oleh konsumen dan mudah dihubungi karena berisikan kontak pelaku usaha. Kemudian yang kedua yaitu sebuah akun Instagram sebagai sarana mempromosikan.

Referensi

Hakim, L., & Lailla, N. (2021). Penguatan Dan Pendampingan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Era Pandemi. Indonesian Journal of Economic Community Development, 2(1), 74-80.

LPPM. (2021). Buku Pedoman Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Mahasaraswati Denpasar. Mahasaraswati Denpasar.

Marsiti, Cokorda Istri Raka. (2017). Strategi Pengembangan Makanan Tradisional Berbasis Teknologi Informasi Sebagai Upaya Pelestarian Seni Kuliner Bali. http://digilib.mercubuana.ac.id/manager/t!@file_artikel_abstrak/Isi_Artikel_9 39168732454.pdf

Nisa, M. F., Sunarsih, E., & Purbaningrum, D. G. (2021, February). Pengembangan Usaha Kecil Menengah Produk Online Shop Faeyza Store di Kelurahan Panunggangan Utara Kecamatan Pinang Kota Tangerang Tahun 2020. In Prosiding Seminar Nasional Masyarakat LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1).

Zahra, I. P., Khoirunnisa, K., Minarti, A., Silfiani, E., Yustia, H., & Alfarisi, U. (2021, Oktober). Pendampingan Dan Pengembangan Inovasi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Toko Kuenak Di Ciputat Timur. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1).

Diterbitkan

2023-11-07