SOSIALISASI MENABUNG DENGAN PENGKLASIFIKASIAN NILAI MATA UANG MELALUI MEDIA POSTER DAN PENGADAAN LES PRIVAT DI DESA SUDIMARA

Penulis

  • Gede Pratama Putera Wikananda Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Kadek Wahyu Widana Saputra Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Putu Agus Putra Wirawan Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Putu Pradiva Putra Salain Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Les Privat, Menabung, Sosialisasi, Sumber Daya Manusia

Abstrak

Desa Sudirama merupakan desa yang memiliki kekayaan potensial yang dapat berguna bagi perkembangan desa. Perkembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mapan tersebut dapat mengoptimalkan potensi desa agar lebih baik dan berkualitas kedepannya. Hal tersebut dapat didukung dengan adanya pendidikan sejak dini yang diajarkan khususnya bagi anak-anak sekolah dasar. Berdasarkan hasil observasi yang kami lakukan, ditemukan bahwa di tengah situasi pandemi Covid-19, pengadaan renovasi ulang sekolah dan kurangnya minat untuk melakukan investasi yang menjadikan dasar program kerja sosialisasi pentingnya menabung berdasarkan pengklasifikasian nilai mata uang dan pengadaan les privat di Desa Sudimara ini dilaksanakan. Hasil kegiatan ini dievaluasi menggunakan instrumen kuesioner dengan menyajikan 5 pertanyaan yang diisi oleh 30 responden yang berasal dari siswa-siswi kelas 4 & 5 SDN 1 Sudimara. Hasilnya didapatkan bahwa skala 5 (Sangat Setuju) mendapatkan persentase terbanyak yang menginterpretasikan bahwa kegiatan sosialisasi menabung dan pengadaan les privat di Desa Sudimara sangat bermanfaat.

Referensi

Badan Pusat Statistik. (2019). Statistik Kabupaten Tabanan 2019. Bali-Tabanan. BPS

Devi, P. P. S. (2021). Memperkenalkan Desa Sudimara Sebagai Desa Wisata Melalui Media Audio Visual Dan Katalog. Parta: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 97-100.

Dewi, P. M. S., & Yudha, R. K. (2022). Les Privat Saat Pendemi Di Rumah Perubahan Surabaya Bengkulu. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Jimakukerta), 2(1), 149-152.

LPPM. (2022). Buku: Panduan Pengabdian Masyaraka. Bencana Covid-19 Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Patriana, P. (2007). Hubungan antara kemandirian dengan motivasi bekerja sebagai pengajar les privat pada mahasiswa di Semarang (Doctoral dissertation, Universitas Diponegoro).

Pemerintah Desa Sudimara. (2016). Website Resmi Desa Sudimara. url: https://sudimara-tabanan.desa.id. Diakses pada tanggal 9 September 2022

Putra, A. K., Nyoto, R. D., & Pratiwi, H. S. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Marketplace Penyedia Jasa Les Private di Kota Pontianak Berbasis Web. JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi), 5(1), 22-26.

Rohmianti, E. A., Rusdianto, D. S., & Amalia, F. (2020). Pengembangan Sistem Manajemen Guru Les Privat. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer e-ISSN, 2548, 964X.

Diterbitkan

2023-11-07