OPTIMALISASI PEMASARAN DIGITAL DAN NON DIGITAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN PELAKU UMKM DI DESA SAMSAM KECAMATAN KERAMBITAN KABUPATEN TABANAN

Penulis

  • Ni Kadek Tara Wahyuni Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Luh Putri Mareta Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Wahyu Wijaya Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Herleeyana Meriyani Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Dampak Covid-19, Pemasaran Digital, Pemasaran non Digital

Abstrak

Pandemi Covid-19 sangat berdampak pada kehidupan masyarakat dan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Pelaku UMKM menyatakan bahwa adanya penurunan omset akibat pandemi Covid-19. Selain itu pemasaran yang mereka lakukan masih bersifat tradisional yaitu sistem pemasaran dari mulut ke mulut, UMKM belum pernah memanfaatkan media sosial untuk melakukan pemasaran digital. Lokasi UMKM yang kurang strategis juga mengakibatkan pemasaran non-digital menjadi tidak optimal. Dengan demikian program pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan tujuan agar bisa memahami pentingnya pemasaran digital dan non digital terhadap pelaku UMKM dalam upaya meningkatkan penjualan. Salah satu faktor yang dapat mendukung tercapainya sasaran kegiatan peningkatan penjualan UMKM sangat dipengaruhi oleh jenis pendekatan yang digunakan dalam melakukan kegiatan ini. Dalam hal ini pendekatan yang dimaksud dengan cara yang digunakan agar pelaku UMKM yang menjadi sasaran kegiatan pemberdayaan bersikap terbuka dalam menerima berbagai bentuk inovasi yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran pelaku UMKM tentang pentingnya penerapan pemasaran digital melalui media sosial dan melakukan promosi secara offline, setelah dilaksanakan kegiatan tersebut diketahui bahwa program ini sudah berjalan dengan baik dan efektif dilihat dari rata-rata persentase peningkatan omset UMKM yaitu mencapai 50,25%.

Referensi

Aziz, R. A. (2020). Pengertia DigitalMarketing. E-Book Digital Marketing Content, hal 01

Fatimahtsy. 2021. Analisis Permasalahan UMKM di Tengah Pandemi. Artikel, 01-04.

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil dan menengah pada era masyarakat ekonomi ASEAN. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61-76.

Krisgaharu, T., & Kusuma, B. O. P. (2021). Tingkat Efektivitas Online Marketing Untuk UMKM Semasa Pandemi Covid-19. EXERO: Journal of Research in Business and Economics, 4(2), 207-227.

Latifah, L. (2020). Bagaimana Dampak Baik dan Buruknya Penerapan New Normal bagi Masyarakat . Artikel, 01-06.

Nizlam Aly, d. (2020). Panduan Aman " New Normal" Menghadapi Pandemi Covid - 19. Jurnal Layanan Masyarakat .

Prihatini, P. (2022). Pelatihan Digital Marketing Dalam Upaya Meningkatkan Penghasilan Ibu Rumah Tangga Majlis Taklim Perempuan Kecamatan Jatiyoso. ABDIKAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains dan Teknologi, 1(2), 264-270.

Sanjaya, R. d. (2009). Creative Digital Marketing. PT Elex Media Komputindo . Jakarta hal 47.

Utami, B. S. A. (2021). Dampak pandemi covid 19 terhadap sektor UMKM di Indonesia. Economie: Jurnal Ilmu Ekonomi, 3(1), 1-7.

Diterbitkan

2023-11-07