PENGEMBANGAN DAN PEMASARAN PRODUK UMKM KERIPIK LADRANG BU PANCA PENARUKAN BERBASIS ECOMMERCE

Penulis

  • Putu Sintya Dewi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Maher Syalal Hashbas Merukh Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Cempaka Dharmadewi Atmaja Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Tamba Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Keripik Ladrang, E-Commerce

Abstrak

Kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan di Desa Penarukan, Kerambitan, Tabanan, Bali. Mitra adalah Pedagang UMKM Makanan. Adapun permasalahan mitra yaitu pelaku UMKM masih menggunakan cara lama dalam memasarkan produknya yaitu bertemu langsung dengan pembeli (face to face). Selain itu, kesulitan mengetahui omzet yang diperoleh akibat tidak menerapkan pembukuan sederhana menjadi alasan penurunan pendapatan. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan cara memanfaatkan teknologi sebagai media pemasaran melalui marketplace di Facebook dan menambahkan lokasi UMKM Bu Panca pada Google Maps untuk menjangkau lebih banyak calon pembeli serta memberikan informasi mengenai produk UMKM Bu Panca, memperbaharui label atau logo produk, memperkenalkan pembukuan sederhana, membuatkan nota sebagai bukti transaksi pada saat jual beli produk usaha.

Referensi

Atmaja, NPCD, Sukerta, IM, Mertasari NMI, 2022. Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Digital UKM Ukiran Bali DI Desa Batubulan Kangin. PROSIDING SEMINAR REGIONAL Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Mahasaraswati Denpasar di Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2021. 618-625.

Bakhri, Syaeful, dan Vuvut Futiah. (2020). Pendampingan dan Pengembangan Manajemen Pemasaran Produk UMKM Melalui Teknologi Digital Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Loyalitas Sosial Vol 2 No. 2 September 2020.

LPPM. 2022. Buku Pedoman Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Mahasaraswati Denpasar

Diterbitkan

2023-11-07