PENYULUHAN DAN DEMONSTRASI DAGUSIBU PADA KADER POSYANDU DI DESA KESIUT

Penulis

  • I Putu Aditya Darma Putrayasa Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Nyoman Raimarta Wiguna Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Yuria Mendra Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Komang Budiarta Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

DAGUSIBU, penyuluhan, Demonstrasi, obat

Abstrak

Sarana kesehatan yang ada di Desa Kesiut untuk menunjang upaya peningkatan pelayanan kesehatan seperti apotek masih belum memadai apalagi masyarakat sudah mulai terbiasa dengan menggunakan berbagai jenis obat obatan dengan tujuan menyembuhkan penyakit, mengontrol, ataupun sebagai suplemen untuk menunjang kesehatan sehari hari. DAGUSIBU merupakan dapatkan, gunakan, simpan, dan buang obat dengan baik dan benar agar masyarakat dapat menggunakan obat dengan rasional. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini yaitu untuk meningkatkan pengetahuan dari kader posyandu di Desa Kesiut mengenai DAGUSIBU sehingga penggunaan obat dapat rasional. Metode yang digunakan yaitu penyuluhan dan juga demonstrasi. Hasil Kegiatan pengabdian masyarakat ini mencapai target yang diinginkan yaitu 100%. Keberhasilan kegiatan ini dibuktikan dengan memberi beberapa pertanyaan saat awal melakukan kegiatan penyuluhan dan memberi pertanyaan kembali setelah melakukan penyuluhan kepada para kader posyandu bedasarkan hasil dari 25% pertanyaan terjawab menjadi 100% pertanyaan terjawab. Kesimpulan yang didapat yaitu berhasil tercapai sesuai target yang diinginkan. Kegiatan ini berhasil dicapai tentunya karena besarnya partisipasi dari para Kader Posyandu desa Kesiut dalam pelaksanakaan kegiatan Pengabdian Masyarakat.

Referensi

BPOM. 2015. Materi Edukasi tentang Peduli Obat dan Pangan Aman. Tersedia di http://www.pom.go.id/files/2016/amat.pdf (diakses pada 12 Oktober 2018).

Nugraheni, A. Y., Ganurmala, A., dan Pamungkas, K. P. (2020). Sosialisasi Gerakan Keluarga Sadar Obat: DAGUSIBU Pada Anggota Aisyiyah Kota Surakarta. Abdi Geomedisains, 1(1), 15–21. https://doi.org/10.23917/abdigeomedisains.v1i1.92

Diterbitkan

2023-11-07