SOSIALISASI UMKM PENTINGNYA PENGGUNAAN LABELING DAN PACKAGING SEBAGAI DAYA TARIK PEMBELI DESA KERAMBITAN

Penulis

  • Ni Nyoman Putri Karmila Sari Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Nyoman Yoga Pranatha Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Ayu Asri Pramesti Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Komang Budiarta Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Covid-19, Labeling, Packaging, UMKM, Pengabdian Kepada Masyarakat

Abstrak

Covid-19 berdampak pada segala sektor, salah satunya pada sektor ekonomi khususnya disarasakan sangat signifikan oleh para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), akibat dari covid-19 menurunnya daya beli masyarakat sehingga mengakibatkan krisis ekonomi yang dialami UMKM. Oleh karena itu melalui pembinaan dan bantuan untuk pelaku UMKM melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan di Desa Kerambitan yang berada di Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan, Bali, Indonesia. Di Desa Kerambitan sebagian masyarakatnya memiliki UMKM yang dijalankan dirumah masing-masing warga, pada beberapa UMKM yang ada di desa kerambitan banyak produk yang belum memiliki label pada kemasan produk yang dijual. Mengingat pentingnya peran labeling dalam kemasan maka program pengabdian masyarakat ini akan difokuskan para program sosialisasi serta membantu para pelaku umkm dalam pembuatan labelling dan packaging. Oleh karena itu tujuan program pengabdian masyarakat ini yaitu membantu para pelaku UMKM untuk lebih mengembangkan usaha dalam segi kemasan dan pembuatan logo untuk menarik minat pembeli serta produk lebih dikenal dipasaran. Kegiatan ini diharapkan memberikan dampak positif bagi pelaku UMKM selain meningkatkan pengetahuan mitra dalam labelling produk serta memiliki kemasan baru serta menarik konsumen, sehingga nantinya diharapkan produk pelaku UMKM semakin dikenal dipasaran sehingga meningkatkan penjualan.

Referensi

Emilda, E., Wulandari, T., & Lazuarni, S. (2022). Pendampingan UMKM Penjual Jamu Dalam Meningkatkan Penjualan Melalui Kemasan, Merek, dan Label. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 5(1), 53-60.

Herudiansyah, G., Candera, M., & Pahlevi, R. (2019). Penyuluhan pentingnya label pada kemasan produk dan pajak pada usaha kecil menengah (UKM) Desa Tebedak II Kecamatan Payaraman Ogan Ilir. Suluh Abdi, 1(2).

Kadi, D. C. A., Fauzi, R. U. A., & Purwanto, H. (2022). Labeling Dan Packaging Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Keripik Tempe Barokah Desa Garon Balerejo Madiun. Jurnal Pengabdian Masyarakat" Wiryakarya", 1(01).

Kadi, D. C. A., Fauzi, R. U. A., & Purwanto, H. (2022). Labeling Dan Packaging Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Keripik Tempe Barokah Desa Garon Balerejo Madiun. Jurnal Pengabdian Masyarakat" Wiryakarya", 1(01).

LPPM. 2018. Buku Pedoman Pengabdian Kepada Masyarakat, Denpasar. Universitas Mahasaraswati Denpasar

Lusianingrum, F. P. W., Purbohastuti, A. W., & Hidayah, A. A. (2021). Pelatihan labeling kemasan produk UMKM mitra binaan Posyantek Al-Ikhlas. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(2), 624-632.

Perwitasari, D. A. (2021). Branding Produk Label Kamasan Sebagai Upaya Pengembangan Daya Tarik Pemasaran pada UMKM Rengginang di Kelurahan Pakistaji Wonoasih Kota Probolinggo. Jurnal Abdi Panca Marga, 2(1).

Diterbitkan

2023-11-07