PEMBERDAYAAN GURU DAN SISWA SD NEGERI 5 GUBUG DALAM PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SISWA

Penulis

  • I Putu Mertayasa Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Made Bakti Pratiwi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Nyoman Adi Susrawan Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ida Ayu Made Wedasuwari Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Agus Sunadi Putra Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

perpustakaan, penyuluhan, literasi

Abstrak

Pengabdian ini bertujuan untuk mengatasi kurangnya kesadaran mengenai pentingnya keberadaan perpustakaan sekolah sebagai sarana literasi dan kurangnya keterampilan dalam penataan perpustakaan yang bersih dan rapi. Adapun langkah-langkah yang ditempuh guna dalam pelaksanaan program kerja ini, yaitu: tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap pendampingan. Pemberdayaan pengelolaan perpustakaan yang ditujukan kepada guru dan siswa di SD Negeri 5 Gubug telah berhasil dijalankan dan sudah terealisasi 100%. Adapun indikator keberhasilan yang digunakan sebagai tolak ukur keberhasilan kegiatan ini yaitu dengan menggunakan nilai pre-test dan post-test yang telah diisi oleh partisipan. Peningkatan pengetahuan dialami oleh mitra setelah mendapatkan materi mengenai pentingnya keberadaan perpustakaan, hal ini dilihat dari hasil nilai post-test di mana mitra berada pada kategori baik 20% dan sangat baik 80%.

Referensi

Indonesia, P. N. R. (2007). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan.

Mangnga, A. (2015). Peran Perpustakaan Sekolah Terhadap Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jupiter, 14(1).

Nahdi, K and Dukha Yunitasari, (2019), Literasi Berbahasa Indonesia Usia Prasekolah: Ancangan Metode Dia Tampan Dalam Membaca Permulaan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4, no. 1.

Rahayu, W. P., & Lestari, M. (2021) Melakukan Penataan Perpustakaan SDN 02 Bocek Guna Menarik Minat Baca Siswa. Malang : LPPM

Wirabumi, R. (2020, October). Metode Pembelajaran Ceramah. In Annual Conference on Islamic Education and Thought (ACIET) (Vol. 1, No. 1, pp. 105-113).

Diterbitkan

2023-11-07