MENINGKATKAN KESADARAN SISWA DAN SISWI TERHADAP KESEHATAN GIGI DAN MULUT DENGAN PENYULUHAN DAN PRAKTIK SIKAT GIGI BERSAMA DI SD DAN TK DESA SUBAMIA

Penulis

  • Ni Kadek Tirta Yani Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Nyoman Laksmi Adhiarini Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Eka Pratiwi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Sastra Wibawa Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

penyuluhan, Kesehatan Gigi Dan Mulut, Siswa-Siswi TK dan SD, Praktek Sikat Gigi Bersama

Abstrak

Desa Subamia yang terletak di kecamatan Tabanan terdapat dua sekolah dasar yaitu SD Negeri 1 dan SD Negeri 2 Subamia serta terdapat dua taman kanak-kanak yaitu TK Dharma Kusuma 1 dan TK Dharma Kusuma 2 yang menghasilkan sampah setiap harinya dimana secara rutin setiap hari selalu dibuang ke TPS namun sampah yang berasal dari sekolah tersebut tercampur antara organik dan anorganik sehingga menimbulkan bau tidak sedap. Oleh karena itu, dibutuhkan penyuluhan pemilahan sampah agar lingkungan sekolah lebih bersih dan aman. Sasaran program pengabdian yaitu siswa SD Negeri 1 Subamia, SD Negeri 2 Subamia, TK Dharma Kusuma 1 dan TK Dharma Kusuma 2. Penyuluhan ini berguna untuk meningkatkan pengetahuan bagi siswa SD dan TK tentang pentingnya menjaga kesadaran Kesehatan gigi dan mulut serta penyuluhan dan praktik sikat gigi Bersama untuk menjaga Kesehatan gigi dan mulut usia dini. Metode pelaksanaan kegiatan ini yaitu ceramah, tanya jawab, dan demonstrasi atau penyuluhan. Keberhasilan kegiatan ini dinilai saat demonstrasi. Siswa mampu mempraktikan cara menyikat gigi yang baik dan benar sesuai dengan penyulhan yang telah dilakukan.

Referensi

Denpasar, LPPM Unmas. (2020). Buku Panduan Pengabdian pada Masyarakat Peduli Bencana COVID-19. Denpasar: LPPM Umas Denpasar.

Profil Desa Subamia, https://id.m.wikipedia.org/wiki/Subamia,_Tabanan,_Tabanan

Diterbitkan

2023-11-07